|

Streaming Radio Suara Landak

Polsek Sebangki Lakukan Pengamanan Aksi Damai di Kantor Desa Rantau Panjang

Polsek Sebangki Lakukan Pengamanan Aksi Damai di Kantor Desa Rantau Panjang

Sebangki (Suara Landak) - Kegiatan aksi damai warga Desa Rantau Panjang terkait dengan perubahan data penerima dana BLT DD yang dilakukan oleh pihak pemerintahan Desa Rantau Panjang yang berlangsung di halaman depan kantor Desa Rantau Panjang Kecamatan Sebangki Kabupaten Landak, Selasa pagi (11/10/2022).

Aksi Damai yang dipicu adanya protes warga dengan adanya pengalihan penerima BLT DD tanpa di musyawarahkan bersama perangkat desa, Kadus dan RT yang ada di Desa Rantau panjang sehingga terkesan keputusan pengalihan tersebut secara sepihak.

Puluhan warga yang hadir dengan membawa atribut aksi Damai damai meminta penjelasan oleh Kepala Desa Rantau Panjang terkait dengan pengalihan penerima penyaluran dana BLT DD dan menuntut agar dana BLT DD tersebut tetap diserahkan kepada nama penerima dana BLT DD yang lama sebanyak 20 (dua puluh) orang warga.

"Kami warga kecil kurang mampu menyesalkan dengan adanya pengalihan dan perubahan penerima penyaluran dana BLT DD tersebut tidak ada dilakukan sosialisasikan terlebih dahulu oleh pihak perangkat desa, seharusnya musyawarahkan terlebih dahulu dengan perwakilan Dusun atau RT setempat sehingga tidak membuat kecewa warga pada saat akan mengambil dana BLT DD ke bank ternyata dana tersebut tidak masuk ke rekening dimana sebelumnya menerima dana BLT DD," Ujar Ihyek selaku Korlap Aksi Damai.

Kepala Desa Rantau Panjang Muhandis yang menyambut baik dan menindaklanjuti aksi damai protes warga terkait perubahan data penerima dana BLT DD tersebut meminta warga untuk tetap tenang dan memberikan kesempatan waktu selama seminggu untuk melakukan pengembalian dana BLT DD kepada warga yang belum menerima serta melakukan evaluasi pendataan nama-nama warga yang berhak menerima dana BLT DD tersebut dengan melakukan musyawarah dengan perangkat desa, dusun dan RT serta tokoh masyarakat dalam mengambil keputusan kedepannya.

"Saran dan masukkan warga menjadi koreksi untuk perbaikan kinerja kami dalam melayani masyarakat warga desa rantau panjang," ucap Muhandis.

Kapolsek Sebangki, IPDA Dahroni,SIP dan Kanit Intelkam Beserta 3 orang anggota Polsek melakukan pengamanan aksi damai warga Desa Rantau Panjang dari awal sampai dengan selesai kegiatan yang berjalan dengan aman dan terkendali.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek juga menyampaikan himbauan kepada warga yang melakukan aksi damai tersebut agar dalam pemecahan permasalahan yang ada dilingkungan masyarakat desa agar dimusyawarahkan terlebih dahulu dengan pihak terkait dan tidak melakukan tindakan arogan ataupun anarkis yang melanggar aturan hukum.

Oktavainto / Dion RSL



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini