-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Pj Bupati Landak Hadiri Kegiatan Panen Raya Padi Di Desa Angan Tembawang

Pj Bupati Landak Hadiri Kegiatan Panen Raya Padi Di Desa Angan Tembawang

Jelimpo (Suara Landak) - Pj Bupati Landak Samuel, SE., M.Si menghadiri kegiatan panen raya padi dan kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Pelanjau, Desa Angan Tembawang, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Senin (18/03/2024).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Provinsi Kalbar, Kadis Tanaman Pangan Hortikultura Proviy Kalbar/mewakili Kabid Penyuluhan, Pj. Ketua TP PKK Landak, Staf Ahli Bupati Landak Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan, Kadis Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Landak, Kepala Bappeda Landak, Kadis PMPD Landak, Forkopimcam Jelimpo, Ketua DAD Kecamatan Jelimpo, Ketua KTNA Landak, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Kelompok Tani Gapoktan Angan Jaya dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Samuel sangat menyambut baik dan turut bergembira atas diselenggarakannya acara panen ini, karena pada saat ini para petani khususnya di desa Angan Tembawang berhasil mengelola lahan pertaniannya dengan baik dan sangat bangga atas pencapaian ini.

"Sektor tanaman pangan khususnya komoditas padi mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis dalam membangun perekonomian daerah. Untuk itu, perlu terus diupayakan pengembangan nya karena telah berperan sebagai penyedia pangan untuk ketahanan pangan daerah, penyediaan lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat demi menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Samuel.

Selanjutnya sebagai informasi Samuel menyampaikan bahwa sejak Januari, harga beras Nasional mengalami kenaikan termasuk di Kabupaten Landak terutama untuk beras premium dan medium.

"Menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), hal ini dikarenakan beberapa hal yakni adanya perubahan iklim ekstrim yang terjadi sejak Juni 2023 hingga Desember 2023 lalu, produksi beras yang menurun, dan ada masalah pada produktivitas petani yang mencakup kebutuhan pupuk hingga konversi lahan," terangnya.

Kemudian Samuel mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi naik turunnya produksi tersebut, diantaranya masalah kesuburan tanah, pemakaian pupuk, benih, cara bercocok tanam, organisme pengganggu tanaman dan sebagainya, serta faktor iklim yang tidak bisa dikendalikan juga merupakan tantangan bagi para petani.

"Tantangan ini semakin berat karena suhu udara secara global terus meningkat yang merupakan penyebab utama perubahan iklim global, fluktuasi, frekuensi, dan intensitas anomali iklim yang makin meningkat sangat nyata pengaruhnya terhadap produksi padi. Sebagai akibat dari penurunan luas tanam, luas panen, dan hasil pada saat terjadi anomali iklim," ujar Samuel.

Samuel menghimbau kepada seluruh penyuluh pertanian agar terus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada petani, sehingga para petani terbantu dalam peningkatan produksi dimasa mendatang dimana penyuluh pertanian harus mampu menjalankan fungsinya yaitu sebagai pemberi jalan kepada petani untuk mendapatkan kebutuhan informasi.

"Informasi tentang cara bertani atau teknologi baru dalam meningkatkan produksi, pendapatan, dan kesejahteraannya sehingga dapat menimbulkan kesadaran petani agar dengan kemauan sendiri dapat memenuhi kebutuhan tersebut, serta fungsi sebagai jembatan penghubung antara lembaga penelitian dengan petani, pembawa informasi kepada petani, serta pendidik dan pembimbing bagi petani," ujar Samuel.

Tidak lupa Samuel mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan panen raya ini dan dia berharap usaha yang dilakukan oleh kelompok tani ini terus meningkat dari tahun ke tahun untuk mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Landak.

"Saya juga menghimbau kepada seluruh petani agar terus mengolah lahan tidur untuk ditanami berbagai kebutuhan pangan, seperti ubi-ubian, kacang, jagung, buah-buahan dan yang lainnya, sehingga ketahanan pangan kita tetap terjaga," tutup Samuel.

Sumber : Diskominfo Kabupaten Landak

Editor : Dion

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini