-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Polres Landak Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023

Polres Landak Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Kapuas 2023

Ngabang (Suara Landak) - Polres Landak melaksanakan apel gelar pasukan operasi kepolisian terpusat Lilin Kapuas 2023 di halaman Mapolres Landak dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kekuatan lintas institusi dan instansi diharapkan mampu melakukan pengamanan hingga tahun baru di wilayah hukum Polres Landak. Rabu (21/12/2023).

Hadir dalam apel gelar pasukan tersebut, Pj Bupati Landak Samuel.,S.E.,Msi, Porkopimda beserta tamu undangan lainnya. Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakapolres Landak Kompol Sukma Pranata.,S.I.K.,M.H, Perwira Upacara Kasat Lantas IPTU Teguh Supriadi, Komandan Upacara Pama Polres Landak Ipda Hendriansyah.,S.M. Peserta apel terdiri pleton TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, dan Dinkes serta Anak SMA.

Dalam amanatnya, Wakapolres Landak Kompol Sukma, menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memeriksa kesiapan personel dan sarana prasarana dalam pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Terdapat tiga poin utama yang menjadi perhatian dalam Operasi Lilin, yaitu stabilitas harga pangan, Kamtibmas yang kondusif, serta kelancaran arus mudik dan arus balik Natal dan Tahun Baru," ujar Kompol Sukma dalam membacakan amanat Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Kompol Sukma menjelaskan bahwa Polri telah membentuk Satgas Pangan untuk menjaga stabilitas harga pangan dengan bekerja sama dengan Kementerian atau Lembaga terkait serta memberlakukan tindakan hukum terhadap pelaku kejahatan terkait pangan.

Sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif, Wakapolres Landak mengingatkan seluruh personel Polres untuk menekan angka kejahatan konvensional.

"Hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan kegiatan premitif, preventif, dan represif untuk mengurangi tindak kejahatan seperti curat, curas, curanmor, copet, bius, hipnotis, dan pencurian rumah kosong," sambung Wakapolres.

Selain itu, Wakapolres juga menekankan pentingnya kelancaran arus lalu lintas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Personel Polres Landak diharapkan memberikan perhatian penuh pada titik rawan kecelakaan dan kemacetan saat puncak arus mudik dan arus balik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam Operasi Lilin Kapuas ini, Polres Landak melibatkan 60 personel yang akan ditempatkan di satu Pos Pelayanan.

Selain itu, Polres Landak juga akan memberikan pengamanan di tempat ibadah di beberapa gereja selama perayaan Natal, serta mengamankan lokasi yang menjadi pusat keramaian saat malam pergantian tahun.

Operasi Lilin 2023 digelar serentak di seluruh jajaran Polri, di Polda Kalbar dengan sandi Lilin Kapuas. Operasi ini berlangsung selama 12 hari dari tanggal 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024.

Penulis : Rad52

Editor : Dion

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini