|
Streaming Radio Suara Landak

Sosialisasi Perwakilan Koperasi Pertamina Tentang Pemasangan Regulator Yang Aman

Sosialisasi Perwakilan Koperasi Pertamina Tentang Pemasangan Regulator Yang Aman

Mandor (Suara Landak) - Kapolsek Mandor dan Anggotanya mengikuti Sosialisasi dari perwakilan Koperasi Pertamina (Kopana) untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kerusakan regulator tabung gas elpiji atau terjadi kebocoran selang gas, Selasa (11/01/2023).

Sosialisasi ini disampaikan Jujur Abadi perwakilan Koperasi Pertamina (Kopana) dengan materi penyuluhan perihal pemasangan regulator yang aman dan sesuai dengan standar pemasangannya. Adapun perwakilan Kopana mempraktekan secara langsung cara memasang regulator dan selang yang benar dan aman, serta cara mengatasi bila ada kebakaran akibat selang gas yang bocor ataupun regulator yang rusak.

Dalam sosialisasi yang disampaikan, di jelaskan dua jenis regulator yang dipraktekkan, yaitu regulator otomatis yang ada sekeringnya, kemudian regulator manual atau biasa yang sering digunakan pada masyarakat umumnya. Jujur Abadi juga mempraktekkan perbandingan cara memasang dan mematikan kompor gas dengan regulator manual dan juga regulator otomatis keluaran resmi dari Pertamina, yang dimana di dalam regulator otomatis ini sudah ada sil karetnya sedangkan pada regulator manual tidak ada,  jadi lebih aman meski tanpa sil karet yang ada dalam tabung gas.

“Ada juga sekering sebagai pemutus aliran gas yang dimana kompor dimatikan hanya dari tombol yang ada pada kompor saja, jadi kita tidak perlu khawatir ketika menggunakan regulator ini yang dimana dijelaskan bahwa gas yang mengalir keselang dan kompor sewaktu kita mematikan kompor, atau terjadi kebocoran pada selang, tidak akan terjadi membesarnya api karna gas yang ada di dalam tabung sudah tertutup alirannya,” jelas Jujur Abadi.

Untuk antisipasi terjadinya kebocoran gas dari regulator manual yang dapat mengakibatkan api membesar dengan cara tetap tenang dalam melepas regulator dari tabungnya, angkat tabung dan arahkan keluar, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran. Pada akhir penyuluhannya, pihak Kopana menawarkan regulator otomatis resmi keluaran Pertamina ini dijual dengan harga Rp 600 ribuan rupiah dan aman untuk di gunakan sehari hari.

Kapolsek Mandor Iptu Sudarsum berharap dengan sosialisasi yang telah disampaikan Jujur Abadi selaku Perwakilan Pihak Kopana diharapkan anggota Polsek Mandor dapat memberikan himbauan dan pemahaman kepada masyarakat serta edukasi dalam pemakaian selang atau regulator tabung gas yang benar dan aman, sebagai upaya langkah awal mencegah terjadinya kebakaran di wilayah hukum Polsek Mandor.

Egi / Dion RSL


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini