-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

PKM Karangan Gelar Sosialisasi Mamuraja Di Desa Bilayuk

PKM Karangan Gelar Sosialisasi Mamuraja Di Desa Bilayuk

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Bertempat di Aula Desa Bilayuk Babinkamtibmas ikuti kegiatan Sosialisasi Program Mamuraja di Desa Bilayuk  yang dilaksanakan oleh PKM Karangan Kecamatan Mempawah Hulu Kabupaten Landak. Selasa (24/01/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Desa Bilayuk, Kepala Puskesmas Karangan, Bhabinkamtibmas Desa Bilayuk, serta Seluruh kepala Dusun dan perwakilan masyarakat Desa Bilayuk. Kades Desa Bilayuk diwakili Sekdes Bilayuk Siput. 

Dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Mamuraja pada hari ini merupakan target jambanisasi agar desa Bilayuk ini bersih lingkungan dan dapat mengurangi pencemaran lingkungan bebas stunting. Terkait hal tersebut, Sipur mengharapkan kerjasama dan partisipasi dari seluruh warga desa Bilayuk guna mensukseskan Program Mamuraja tersebut.

Kepala Puskesmas Karangan Marta Rahayu dalam kegiatannya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepada pihak desa yang telah menyediakan waktu dan temoat untuk PKM karangan untuk melaksanakan sosialisasi Jamban sehat ini dan dari Puskesmas siap membantu dan mendampingi kegiatan nantinya guna menjadikan Desa Bilayuk menjadi Desa ODF.

Margretea Staf Puskesmas Karangan yang memberikan materi menyampaikan bahwa Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku, perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya. Lebih lanjut ia menambahkan Perubahan ini dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat. Terkait dengan hal tersebut Margretea mengajak seluruh undangan untuk mendukung program yang digelora Pemerintah guna menuju Indonesia sehat.

Babinkamtibmas Desa Bilayuk Aipda Widi Suryadi dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan sosialisasi jamban sehat merupakan Program Pemerintah untuk menyehatkan masyarakatnya menuju Indonesia sehat. Lebih lanjut Widi mengatakan bahwa Polri siap mendukung program ODF tersebut serta Widi menghimbau agar semua pihak khususnya warga Desa Bilayuk dapat mendukung program tersebut guna mewujudkan dan terciptanya lingkungan yang sehat di Desa Bilayuk.

Ogek / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini