|

Streaming Radio Suara Landak

Kapolsek Menjalin Hadiri Pelantikan Timanggong Binua Sebau Desa Bengkawe

Pelantikan Timanggong

Menjalin
(Suara Landak) - Bertempat kediaman  Yakobus Itang Dusun Bengkawe Desa Bengkawe Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak telah dilaksanakan pengukuhan dan pelantikan Timanggong Binua Sebau, Selasa (18/1/2022).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ketua DAD Kabupaten Landak Heri Saman SH.,M.H, Kapolsek Menjalin Ipda. Andreas Quinn, Sekretaris Kecamatan, dan para pengurus DAD Kecamatan Menjalin.

Acara diawali dengan nyanyian kebangsaan Republik Indonesia yaitu Indonesia Raya, kemudian laporan panitia pelaksana pemilihan timanggong dan seremoni pengambilan sumpah janji kepada pejabat yang dilantik.

Dalam sambutannya Kapolsek Menjalin Ipda Andreas Quinn mengucapkan selamat atas terpilihnya Yakobus Itang sebagai Timanggong Binua Sebau.

"Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada Timanggong Binua Sebau yang baru dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan mendapat berkat dari Jubata." Ucap Andreas.

Andreas juga menambahkan bahwa dalam pengamalan tugas di lapangan, antara pihak Kepolisian dan pemangku adat memiliki kesamaan yaitu menjadi 'problem solver' bagi masyarakat di daerah hukumnya.

Selain itu, Kapolsek juga menjelaskan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antara aparat penegak hukum positif dan penegak kearifan lokal agar tercipta suatu sinergi.

"Arah penyelesaian yang kita punya tentu berbeda, yang satu (hukum) positif, dan bersifat memaksa; sedangkan hukum adat bersifat konsensus lokal dan arif. Perlu adanya kerja sama dan kolaborasi yang baik, agar tidak berlawanan arah." Jelas Andreas.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan oleh Kapolsek Menjalin, pentingnya sikap proaktif dalam penanganan kasus-kasus 'lex specialis', seperti contohnya kasus kekerasan seksual pada anak di bawah umur.

"Jangan tawar-tawar soal kasus kekerasan seksual! Segera laporkan kepada Kepolisian, harus ada sanksi yang memunculkan 'deterrent effect' bagi pelakunya. Sebab, dampaknya laten dan akan merusak generasi penerus,." Tutup Andreas (rilis)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini