|

Streaming Radio Suara Landak

Roket China Diprediksi Tidak Terkendali Masuki Atmosfer

Roket Long March 5B, membawa modul inti stasiun luar angkasa Tianhe milik Tiongkok, lepas landas dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, pada tanggal 29 April 2021. (Foto: AFP)

Suara Landak
- Dilansir dari VOA, Pentagon mengatakan pihaknya mencermati lintasan roket China yang diperkirakan akan memasuki atmosfer secara tidak terkendali pada akhir pekan ini, dengan risiko jatuh di daerah berpenghuni, Rabu (5/5/2021).

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin “sadar dan dia tahu komando luar angkasa sedang melacak, secara harfiah melacak puing-puing roket itu,” kata juru bicara Pentagon John Kirby. 

China pada hari Kamis meluncurkan elemen pertama dari tiga elemen untuk stasiun luar angkasanya, CSS, dengan roket Long March 5B yang sekarang sedang dilacak keberadaannya. 

Badan roket itu “hampir utuh ketika turun,” kata Kirby. Dia menambahkan bahwa roket itu diperkirakan akan memasuki atmosfer sekitar hari Sabtu. 

Setelah terpisah dari modul stasiun luar angkasa, roket itu mulai mengorbit Bumi dalam lintasan yang tidak teratur dan perlahan-lahan kehilangan ketinggian, sehingga prediksi tentang di mana roket itu akan kembali memasuki atmosfer, atau di mana akan jatuh di Bumi, hampir mustahil. 

Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini