|

Bhabinkamtibmas Menyuke Menghadiri Ritual Adat Baremah

Ritual Adat Dayak Baremah.
Menyuke (Suara Landak) -Bhabinkamtibmas Polsek Menyuke Polres Landak Bripka Ewaldus Leo menghadiri prosesi kegiatan Ritual Adat Dayak Beremah di wilayah Dusun Kelapaan, Desa Ringo Lojok, Kecamatan Banyuke Hulu, Kabupaten Landak, Senin (14/9/2020).

Upacara adat tradisi baremah masih sangat kental dilakukan oleh suku Dayak Kanayatn di Kalbar,  masyarakat masih memegang teguh, mempertahankan, bahkan melestarikan adat tradisi beremah tersebut.

Kegiatan ritual adat ini bertujuan sebagai wujud doa syukur kepada Tuhan (Jubata) yang dipimpin oleh pembaca doa (Panyanga'hant), Asui.

"Mengingat apa yang diharapkan atau dicita-citakan segala sesuatunya kini telah terwujud," ujar Ewaldus Leo.

Dalam kesempatam tersebut, Bripka Ewaldus Leo juga memberikan imbauan tentang  kamtibmas dan larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat serta tetap melestarikan adat tradisi baremah tersebut.

Di tempat terpisah, Kapolsek Menyuke AKP Sujiyanto mengatakan kegiatan adat istiadat semacam ini pantas dilestarikan apa pun bentuknya.

"Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita dan ada usur-unsur positif diantaranya sistem religi, sistem ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau kekerabatan," ujar Kapolsek.

Ia menambahkan upacara adat pada dasarnya merupakan bentuk perilaku masyarakat yang menunjukan kesadaran terhadap asal usulnya pada masa lalu.

"Melalui upacara kita dapat melacak tentang asal usul baik itu tempat, tokoh, sesuatu benda, kejadian alam," tambah Kapolsek Menyuke. (Timo/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini