|

Marbot ini Budidaya Bonkla saat Pandemi Covid-19

Tanaman hias bonsai kelapa (bonkla)

Ngabang (Suara Landak) - Tidak seperti kelapa pada umumnya, bonsai kelapa (bonkla) cenderung memiliki pohon yang kecil, sehingga cocok untuk ditanam menggunakan pot sebagai tanaman hias.

Selain pohon kelapa yang pertumbuhannya terhambat, pada tanaman hias ini, kita juga dapat melihat batok kelapa dalam keadaan utuh yang berada  menggantung di atas tanah.

Seorang Marbot atau pengurus Masjid di Ngabang, Sholeh Iskandar berhasil membudidayakan tanaman bonkla pada masa pendemi Covid-19.  Pembuatan bonkla ini diakui Sholeh yang dipelajari secara otodidak.

"Saya belajar membuat bonkla ini secara otodidak, untuk mengisi waktu saat pandemi sekarang ini," ujarnya.

Sholeh juga memberikan tips untuk merangsang pertumbuhan akar baru bonkla saat batok kelapa masih dalam proses direndam dan dibungkus menggunakan kain basah, ternyata cukup hanya menggunakan bahan dapur seperti bawang merah terbukti ampuh untuk menumbuhkan akar baru.

"Jika ingin nenumbuhkan akar baru, cukup menggunakan bawang merah sebagai perangsang," tuturnya.

Sholeh berencana akan menjual hasil budidaya bonklanya apabila ada warga yang tertarik untuk merawat tanaman hias ini. Menurut Sholeh, bonkla ini baru bisa untuk diperjual belikan apabila sudah berumur 5 bulan. (Tim/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini