|

SP 2020 Online, BPS Landak Ajak Masyarakat Berpartisipasi

Kepala BPS Landak menjadi narasumber dalam Program Suara Publik di Radio Suara Landak 98 FM

Ngabang (Suara Landak) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak mengajak masyarakat Kabupaten Landak untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online yang akan berakhir pada tanggal 29 Mei 2020.

Kepala BPS Kabupaten Landak, Yanuar Lestariadi mengatakan bahwa pengisian Sensus Penduduk Online ini mudah untuk dilaksanakan, karena cukup menggunakan smartphone ataupun PC yang terhubung pada jaringan internet.

Apalagi di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia dan dalam upaya mendukung pemerintah memutus penyebaran COVID-19 dengan menghimbau masyarakat untuk beraktivitas di rumah demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, maka pengisian Sensus Penduduk Online ini dapat dilakukan secara mandiri, kapanpun dan di manapun.

Hal itu disampaikanya saat menjadi narasumber dalam Program Suara Publik di Radio Suara Landak 98 FM, Rabu (27/5/2020).

"Masyarakat hanya perlu mempersiapkan berkas seperti Kartu Keluarga dan KTP. Bagi yang sudah menikah perlu juga disiapkan Surat Nikah atau Akta Pernikahan," ujarnya.

Yanuar juga menambahkan masyarakat dapat langsung mengakses website: sensus.bps.go.id melalui perangkat yang terhubung jaringan internet.

"Setelah masuk ke website, kita hanya perlu mengisikan data pribadi seperti NIK dan nomor KK. Selanjutnya kita menjawab  pertanyaan seputar diri sendiri, dimana sebagian besar pertanyaan sudah dipersiapkan pilihan jawaban, hanya perlu klik jawaban yang sesuai," katanya.

Yanuar juga menjamin keamanan data yang diinput dalam website SP 2020 online tersebut karena kerahasiaan informasi anda dijamin oleh undang-undang.

Tujuan dari sensus penduduk ini menurut Yanuar adalah untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karekteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Dari data ini nantinya akan membantu pemerintah dalam membuat kebijakan pembangunan pada suatu daerah dan dapat digunakan untuk evaluasi hasil pembangunan

"Dari data tersebut antara lain dapat digunakan untuk perencanaan pembangunan di bidang pendidikan, perencanaan untuk kecukupan sarana kesehatan dan lainnya," tambahnya.

Apabila menemui kendala dalam pengisian Sensus Penduduk Online, silahkan hubungi Sekretariat SP 2020 BPS Kabupaten Landak melalui WhatsApp Call di 082237192020. (Fik/Diko)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini