-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Polres Landak Rakor Linsek Penanggulangan Bencana

Rakor Penanggulangan Bencana
Ngabang (Suara Landak)-  Kapolres Landak AKBP Ade Kuncoro Ridwan  mengatakan siklus penanggulangan bencana Wilayah Hukum Polres Landak perlu dilakukan secara utuh, dimulai dengan mengupayakan kesiapsiagaan dini hingga melaksanakan patroli dan Sambang kepada masyarakat guna pengurangan resiko bencana.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Landak dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Penanggulangan Bencana Di Wilayah Hukum Polres Landak yang berlangsung di Ruang BKPM Polres Landak, Senin (13/1/2020).

Kapolres menjelaskan, Kabupaten Landak berada dalam posisi yang rawan terjadi bencana alam seperti Tanah Longsor dan banjir.

Polres Landak Sendiri sedang melaksanakan operasi Aman Nusa, yakni mengenai Penanganan bencana alam, Polres Landak juga Sudah Membentuk Satgas guna menanggulangi apabila terjadi bencana alam, Satgas tersebut Meliputi Satgas SAR, Satgas Pengungsian dan Perlindungan, Satgas Dokes (Kesehatan), Satgas Lidik, dan Satgas Ban Ops.

Melihat potensi bencana yang dapat terjadi di Kabupaten Landak, Kapolres Landak mengatakan perlu adanya dilakukannya persamaan persepsi dalam hal penanganan bencana alam melalui peningkatan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi program/kegiatan antara Polres Landak baik dengan BPBD serta semua pihak, baik organisasi perangkat daerah, lintas sektor, maupun dunia usaha dan masyarakat. Dan perlu dilakukan secara berkesinambungan sehingga tercipta upaya penanggulangan yang proporsional antara preventif dan responsive.

"Oleh karena itu penting bagi Polres Landak dalam melaksanakan Operasi Kewilayahan dengan Sandi Aman Nusa ini untuk melakukan rapat koordinasi antara BPBD, dan lintas sektor maupun pihak swasta dan masyarakat. Sehingga mempunyai manfaat yang besar dalam upaya pencegahan dan penanggulangan bencana," Ujar Kapolres

Kabag Ops Polres Landak Kompol Asmadi yang diwakili Oleh Paur Humas Polres Landak Ipda Sulianto , dalam paparannya menjelaskan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan untuk mewujudkan sinergitas perencanaan antara Polres Landak dengan instansi terkait lintas sektor sehingga dapat tercipta sistem penanggulangan bencana yang tangguh, teruji dan professional dalam melaksanakan penanggulangan bencana. (Wahyu)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini