|

Pengurus Bumdes Amboyo Utara Ikuti Pelatihan

Pelatihan Bumdes Amboyo Utara
Ngabang (Suara Landak) - Desa Amboyo Utara kedatangan tamu dari  Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa untuk menjalankan
Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) yang diwakili Joni , pada Selasa (21/1/2020)

Dalam pelatihan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), Joni menyampaikan pentingnya untuk mengelola Bumdes. Penghasilan Bumdes tersebut nantinya akan menambah penghasil kas suatu desa yang dapat digunakan untuk pembangunan dan mensejahterakan anggotanya.

Dalam menyampaikan materi mengenai pengurusan Bumdes, Joni juga mengatakan pentingnya untuk melakukan analisa usaha. Usaha yang dilakukan dapat berupa pengadaan barang dan jasa.

"Pengurus perlu melakukan analisa usaha sebelum melakukan usaha yang akan dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk memperhatikan modal serta perhitungan untung rugi kegiatan Bumdes", kata Joni.

Dia menambahkan analisa itu bertujuan memperkecil kerugian serta untuk mengetahui informasi tentang prospek usaha yang menjanjikan untuk dikelola.

Selain itu perlu juga perlu untuk mempersiapkan SDM yang mampu dalam mengelola Bumdes, baik dari segi promosi produk dan pengelolaan keuangan. Sehingga dpt ditentukan usaha yang menguntungkan untuk desa.

"Bumdes merupakan program unggulan, harus dilakukan  survei kira-kira apa yg berpotensi untuk dikembangkan dalam bidang ekonomi", kata Kepala Seksi Pengembangan Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna, Sutri Sutrisna.

Sutri menambahkan, pengurus Bumdes dituntut harus jeli mengenai sesuatu yang paling dibutuhkan masyarakat. Sehingga Bumdes akan terus berkembang. (Ifik)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini