|

Streaming Radio Suara Landak

Personel Polsek Ngabang Ikut Bercocok Taman Bersama Poktan di Dusun Tebuan


Petugas saat demontrasikan cara bercocok tanam

Jelimpo (Suara Landak) - Bhabinkamtibmas Polsek Ngabang Brigpol Viktorius Pridoni beri motivasi kelompok tani (poktan) Bina Mitra Sengkunang dengan membuat demontration plot (demplot) di dusun Tebuan Bangan desa Mandor Kiru kecamatan Jelimpo, Kamis (10/10/2019).

Hal ini dilakukan Viktorius untuk memotivasi para petani di desa binaanya agar tidak hanya bercocok tanam dengan menggunakan pola tanam berpindah.

"Sengaja saya buat demplot dengan menggunakan areal sawah agar merubah sudut pandang dan pola bertani yang berpindah - pindah," ujar Viktorius.

Ada sekitar 10 anggota poktan turut andil saat pembuatan demplot. Salah satunya Alinus yang juga ketua poktan, dirinya cukup antusias dan merasa bersyukur mendapat perhatian dari Bhabinkamtibmas.

"Lita senang sekali, Pak bhabin sudah jauh - jauh datang kesini berbagi ilmu dan memberikan inspirasi bagi kami para petani di dusun tebuan bangan," ucap Alinus.

Di areal demplot ini, Viktorius mengenalkan dan menerapkan pola tanam jajar legowo.

"Ini tadi sudah saya jelaskan tujuan, manfaat dan kelebihan pola tanam tersebut kepada anggota poktan. Semoga bisa diikuti dan dikembangkan," harap Viktorius usai pembuatan demplot.

Saat dikonfirmasi penulis akan hambatan atau kendala, Viktorius mengungkapkan bahwa sementara ini dirinya bersama poktan agak kesulitan mencari bibit varietas unggulan. Saat ini bibit yang digunakan jenis bibit lokal unggul siam yang diperoleh dari petani sendiri.

"Harapan kami ada bantuan bibit unggul terbaru dari Pemerintah atau Dinas terkait agar poktan yang ada semakin bersemangat dan berkembang," harap Viktorius.

Diakhir kegiatan Bhabinkamtibmas menyempatkan diri memberikan sedikit himbauan kamtibmas kepada anggota poktan.

"Jika sawah atau kebun sudah dibangun, tinggal dirawat dan dijaga keamanannya. Jangan sampai kita yang punya sawah atau kebun, orang lain yang dapat hasilnya," imbau Viktorius.

"Keamanan bukanlah semata-mata tanggung jawab Polisi, namun harus ada senergritas atau kerja sama antara masyarakat dan Polri," tambahnya.

Perlu diketahui Demplot atau Demontration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemontrasikan.

Demplot bisa berupa Inovasi teknologi budidaya, VUB (Varietas Unggul Baru), Pemupukan dan lain-lain, disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

Penulis : BF
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini