|

Streaming Radio Suara Landak

Warga Dusun Serimbang gotong royong tebang pohon

Senakin (Suara Landak) -  Akibat banyak kejadian sejumlah pohon besar tumbang dan menimpa rumah warga  di wilayah Kabupaten Landak.

Pemicu pohon tumbang itu disebabkan oleh angin kencang sehingga menimbulkan beberapa kerusakan.

Berkaca dari kejadian tersebut, memacu niat masyarakat Dusun Serimbang, Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, untuk bergotong royong melakukan penebangan terhadap pohon-pohon besar yang dianggap mengancam keselamatan warga setempat, Minggu (17/2/2019).

Penebangan pohon-pohon besar itu dilakukan di Panyugu atau Padagi (tempat keramat) Nek Rias, Dusun Serimbang yang berada tidak jauh dari rumah warga.

"Penebangan pohon-pohon besar di Panyugu Nek Rias itu dilakukan oleh masyarakat Dusun Serimbang secara bergotong royong dikarenakan pohon tersebut berdekatan dengan rumah warga dan sekolah Dasar Negeri (SDN) 36 Serimbang," ujar Kepala Dusun Serimbang, Piator, Minggu (17/2).

Dijelaskan Piator, seminggu sebelum penebangan pohon-pohon besar di Panyugu Nek Rias tersebut, selaku Kepala Dusun, dirinya dan Pamangko Tahun (Tetua Adat), beserta seluruh masyarakat Dusun Serimbang mengadakan musyawarah bersama.

"Sebelum penebangan pohon dilakukan, terlebih  dahulu melaksanakan ritual adat Dayak Kanayatn. Dimana dilaksanakan oleh Sariman selaku Pamangko Tahun (Tetua Adat) Dusun Serimbang untuk meminta keselamatan bagi masyarakat yang bergotong-royong melakukan penebangan pohon kayu," terang Piator.

Lebih lanjut Piator menjelaskan, tidak semua pohon besar ditebang oleh masyarakat Dusun Serimbang.

"Yang ditebang hanya pohon-pohon yang berdekatan dengan rumah warga karena dianggap membahayakan keselamatan warga penghuni rumah," jelas Piator.

Penulis: Anong
Editor   : Rie
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini