|

Streaming Radio Suara Landak

Gereja Dayak Borneo Diresmikan

GEREJA DAYAK BORNEO DIRESMIKAN
Ngabang (Suara Landak) - Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya,  Rabu (6/12) pagi meresmikan gedung Gereja Dayak Borneo di Ngabang Kabupaten Landak dengan ditandai pemotongan pita dan penandatanganan batu prasasti.

"Kami pemerintah provinsi sangat mendukung dengan berdirinya rumah ibadah Gereja Dayak Borneo ini di Kalimantan Barat.  Sesuai visi dan misi pemerintah provinsi yakni mewujdukan masyarakat yang beriman, "ungkap Christiandy.

Ketua Sinode  Gereja Dayak Borneo, Markus Amid mengatakan dirinya mengucapkan syukur kepada Tuhan karena  pembangunan Gereja Dayak Borneo dapat diresmikan.

"Pembagunan ini sudah berjalan sekitar 20 tahun dan efektif 10 tahun dengan menelan anggaran Rp. 2 milyar dari dana jemaat,  pemerintah kabupaten Landak, pemerintah provinsi Kalbar,  donatur dari luar, "kata Markus Amid yang juga anggota DPRD Kalbar ini.

Menurutnya, pada peresmian itu juga di launching Sinode Gereja Dayak Borneo yang merupakan satu-satunya gereja suku Dayak yanga ada di dunia.

"Kenapa di Landak,  bukan karena ikut ikutan gereja suku di Landak, tapi ini panggilan tuhan. Suku dayak secara kesuruhan di Kalimantan sudah sekitar setengah bahkan mungkin satu abad,  tapi mungkin masih ada masyarakat datak yang belum percaya Kristus sebagai Tuhan, "ungkapnya.

Nah, lanjut Markus,  belajar, dari suku lain yang memakai nama gereja kearifan  lokal untuk penginjilan akan efektif seperti gereja suku Toraja, Nias dan Batak yang juga berkembang.

"Selama ini ada imej di Kalimantan gereja produk orang barat sehingga, agak membuat orang dayak sebagian merasa gereja bukan miliknya. Maka dengan berdirinya Gereja Dayak Bornei kita ingin agar orang dayak merasa inilah rumahnya dengan  kearifan lokal, "ungkap Markus.

Ia menambahkan,  sampai saat ini Gereja Dayak Borneo sudah berdir 10 cabang baik di Landak dan Sanggau. "Akan kita kembangkan di daerah lain, selain di Kalbar juga di Kaltim, Kalteng dan luar negeri seperti Sabah, Brunai Malaysia, "tegas Markus.

Acara peresmian Gereja Dayak Borneo berlangsung meriah.  Hadir Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi, Bupati Bengkayang Suryatman Gidot dan jajaran Forkompinda,  Misi Korea dan undangan lainnya.

Penulis: Kundori
Editor: Mimi
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm










Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini