|
Streaming Radio Suara Landak

Pujianto, Pengusaha Stroberi di Lembang Bandung asal Kalbar

PUJIANTO PENGUSAHA STROBERI DI BANDUNG ASAL KALBAR (PAKAI TOPI)  FOTO BERSAMA DENGAN YA HABIJAN REPORTER SUARALANDAK
Bandung (Suara Landak)-  Jika kita berkunjung ke kota bandung, singahlah sejenak di gunug pasir ipis lembang, salah satu objek wisata hutan pinus.
Ternyata di sana terdapat salah satu objek wisata perkebunan stroberi. Nah mau tahu siapa pemilik perkebunan tersebut ? ... ternyata pemiliknya adalah bapak Pujianto, salah seorang putra Kalimantan Barat asal Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah.

Berikut penuturannya kepada suaralandak.com saat ditemui di lokasi per kebunnya. Bagaimana dia bisa melirik  bisnis perkebunan straubery ini ?...Nah awalnya saya lahir di sungai kunyit mempawah, umur dua tahun orang tua pindah di jakarta, dan bersekolah di Jakarta hingga lulus gelar dokter.

Tapi katanya dia  malah beralih profesi menjadi pengusaha perkebunan, yaitu stroberi karena istri orang Bandung, sejak 7 tahun silam. Nah usaha  Pujianto ini ternyata  sudah berlangsung selama 7 tahun dengan luas 9 Ha.

Mengapa anda memilih perkebunan stroberi ?...  umur stroberi kan relatif  singkat hanya dua bulan  setelah masa tanam suda bisa di panen. Berapa rata hasil panen perbulan ?  Normalnya satu ton per bulan per hektar dengan harga Rp 60.000 /kg untuk buah A, dan Rp.30.000 untuk buah B,  dan  Rp.15000 untuk buah C atau tomat katanya.

Sedangkan untuk karyawan di perkebunannya terdapat 60 orang karyawan perempuan, dan karyawan  laki-laki 20% nya. Dimana saja buah straubery ini di pasarkan ?... selain di lembang, bandung, juga di supermarket di Jakarta, bahkan katanya di  pasarkan di negara Asean.

Apa kendalanya ? Saat musim panas, produksi buah berkurang, kalau musim hujan, hasil buah lain juga banyak kata Puji, seperti nenas, mangga, saat itu kita bersaing harga jual.Bagai mana visi kedepan ?

"Saya terus ,meningkat kan kualitas dan kwantitas buah sehingga tidak kalah bersaing dengan buah luar negeri seperti Korea, karena ini juga sudah di pasarkan di negara Asean, "tambahnya.

Sementara Titin  karyawan Pujianto ini mengatakan, dia sudah bekerja di sini selama 6 tahun dan di gaji  Rp. 45000/hari dalam seminggu 5 hari kerja.

Menurut Titin senang bisa bekerja di kebun stroberi milik Pujianto ini, disini karyawan masing-masing bekerja sesuai bagiannya, ada yang bagian pengolahan lahan dan pemasaran bagi karyawan laki-laki, sedangkan penanam,pemanen, pengepakan bagi karyawan perempuan.

Sedangkan Elis baru satu tahun bekerja di sini, dan mendapatkan gaji  rp.45000/hari selama 5 hari dalam seminggu atau Rp.900.000/bulan, senang katanya karena dapat penghasilan tetap.

Sementara itu,  seorang warga Cecep mengatakan Pujianto ini orangnya baik."Pak Puji juga sering memberikan sumbangan untuk pembangun di sekitar,terutama jalan menuju daerah perkebunan, "ujarnya.

Laporan: Ya' Habijan dari Bandung
Editor.   : Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini