|

Streaming Radio Suara Landak

Bupati Landak Resmikan Taman Baca dan RPTRA Ngabang

dr. Karolin Margret Natasa saat menandatangani prasasti peresmian

Ngabang (Suara Landak) - Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa meresmikan Taman Baca Ngabang, Ruang Baca Anak, dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Taman Kota Intan, Senin (07/01/2019).

Peresmian tersebut dilaksanakan di Taman Baca Ngabang yang berlokasi di sekitar Dinas Perpustakaan Daerah dan Arsip Daerah tepatnya di Jalan Pangeran Cinata, Desa Hilir Kantor.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Landak, Kadis Perpusda, Kapolres Landak, pejabat di lingkungan Kabupaten Landak, siswa dari perwakilan beberapa sekolah di Ngabang serta tamu undangan lainya.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa mengungkapkan taman merupakan fasilitas umum yang merupakan kebutuhan bagi masyarakat kota Ngabang dan juga dalam rangka pemenuhan hak anak untuk bermain.

"Satu tahun saya dilantik fasilitas umum di Kota Ngabang masih minim seperti taman-taman untuk tempat masyarakat bisa berkumpul berinteraksi dan bersosial hal tersebut menjadi salah satu faktor rawan terjadinnya konflik sara akibat kesenjangan komunikasi sosial," ungkapnya.

Karolin menjelaskan rekreasi sudah menjadi kebutuhan  bagi masyarakat untuk itu perlu taman-taman untuk tempat masyarakat bisa meluangkan waktu dan bersantai.

"Indeks kebahagian merupakan salah satu hal yang perlu kita tingkatkan dengan adanya tempat berekreasi tentu hal tersebut bisa kita tingkatkan," jelasnya.

Taman Baca Ngabang

Salain RPTRA Bupati Landak juga meresmikan dua item lainnya yaitu Taman Baca Ngabang dan Ruang Baca Anak.

"Menurut data UNESCO indeks literasi 1 berbanding 1000 artinya dari 1000 orang hanya satu orang yang senang membaca, " ujar Karol.

Padahal menurutnya kemampuan berfikir kritis perlu diasah, salah satu caranya adalah dengan membaca buku.

"Untuk Taman Baca Ngabang dan Ruang Baca Anak kami berharap  minat baca anak bisa kita tamankan sejak dini sehingga mereka memiliki kualitas yang mampu bersaing, di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional," ungkapnya.

Karolin juga berharap generasi yang anak datang bisa lebib baik dari pada generasi saat ini dan segala fasilitas yang telah dibangun bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan dijaga.

Hal senada juga disampikan Kepala Dinas Perpusda dan Arsip Daerah Ursus, bahwa pemerintah Landak khususnya dinas Perpusda beresaha menarik minat anak untuk membaca.

"Dengan berbagai fasilitas yang kita sediakan diharapkan bisa menarik minat anak-anak untuk datang membaca di perpusda atau pun di taman baca ini, tidak hanya anak-anak tapi juga umum, bahkan yang belum bisa membaca akan kami beri bimbingan, " tuturnya.
Bupati Landak saat meninjau Ruang Baca Anak di Perpusda


Ursus menergaskan program memberikan fasilitas untuk meningkatkan minat baca tidak hanya berpusat di Ngabang namun ada program lain seperti perpustakaan, Desa dan perpustakaan keliling.

"Saat ini sudah ada beberapa taman baca yang kita bangun selain itu juga ada mobil perpustakaan keliling yang kami sediakan untuk masyarakat, kedepan kami berharap setiap desa akan kami dorong untuk menyediakan fasilitas perpustakaan desa, sedangkan untuk mobil perpusling akan kami tambah," tegasnya.

Diakhir acara Bupati Landak membagikan bingkisan berupa alat tulis kepada siswa sekolah yang hadir dalam cara tersebut.

Penulis : Tullahwi
Editor : Rie
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini