|
Streaming Radio Suara Landak

Kapolsek Hadiri Kegiatan Pembinaan Desa TP PKK di Ansolok

Kapolsek Hadiri Kegiatan Pembinaan Desa TP PKK di Ansolok

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Guna menjalin sinergitas dengan Instansi terkait Kapolsek Mempawah Hulu hadiri Kegiatan pembinaan desa binaan TP PKK didesa Ansolok kec mempawah hulu kab landak. Senin 9/5/2022.

Kegiatan pembinaan desa binaan TP PKK  dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan angka stunting didesa Ansolok kec mempawah hulu kab landak yang dihadiri
oleh bupati landak.

Turur Hadir dalam kegiatan  Bupati Landak Dr Karolin Natasa, Para Kepala Dinas  kab Landak, ketua PKK kab landak,Forkopincam Mempawah hulu, Kades Ansolok ,warga masyarakat desa Ansolok dan kelompok PKK desa ansolok.

Adapun Rangkaian kegiatan Mendengarkan lagu indonesia raya, laporan ketua TP. PKK Kabupaten Landak. sambutan dan arahan bupati landak sekaligus penyerahan bantuan dan pembacaan doa.

Bupati Landak  Dr Karolin dalam sambutannya mengatakan Pemerintah terus menggenjot percepatan perbaikan gizi masyarakat dalam rangka mendukung program nasional untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas.

Bupati berharap peran TP-PKK dalam pencegahan dan penurunan stunting di kab landak. Stunting adalah ketika balita lebih pendek dari standar tinggi badan seumurnya. Hampir 9 juta atau lebih dari 1/3 balita di Indonesia mengalami stanting, Stunting disebabkan kekurangan gizi dalam waktu yang lama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

Lebih Lanjut Bupati mengatakan Penyebabnya karena kurang gizi pada saat ibu hamil, kurang gizi pada saat masih balita, kurang pengetahuan ibu sebelum, saat, dan setelah melahirkan, tidak mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, kurang nya akses air bersih dan sanitasi/ kebersihan lingkungan dan kurang pengetahuan ttg makanan bergizi yg berasal dari sumberdaya lokal.

Adapun gejala pada anak stunting yakni ukuran panjang atau tinggi badannya lebih pendek di bandingkan dengan standart, pertumbuhannya melambat, kemampuan untuk fokus memori pembelajarnnya sangat rendah dan pubertas melambat.jelasnya

Peran TP-PKK dalam pencegahan stunting diantaranya melakukan koordinasi lintas sektor, kerjasama pihak terkait, pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bahan pangan lokal utk pemenuhan gizi ibu hamil, ibu menyusui, anak balita, meggerakkan kader kelompok dasawisma melalui kunjungan rumah dan membantu tenaga kesehatan dengan penyuluhan tentang kesehatan ibu dan anak.tutupnya

Kapolsek Mempawah Hulu Ipda M Edi D yang turut hadir usai kegiatan mengatakan Pihak Kepolisian akan selalu berusaha hadir di tengah-tengah masyarakat demi mendukung kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan di lingkungan Desa serta hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menjaga sinergitas antara pihak Kepolisian dengan perangkat Desa maupun instansi terkait lainnya,” ujarnya.

Tim Rilis


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini