|

Streaming Radio Suara Landak

Minim Pasokan, Harga Ayam Potong di Landak Meroket


Ngabang (Suara Landak) - Melambungnya harga ayam ras di tingkat pengecer cukup membuat kaget para pembeli, hasil pengecekan tim liput Rabu (09/01/2019), harga eceran ayam ras potong yang sudah bersih di tingkat pengecer Ngabang mencapai harga 48 ribu perkilo, sedangkan ayam hidup harga mencapai 38 ribu perkilonya.

Menurut salah seorang agen ayam pasar rakyat Ngabang Iskandar menuturkan, naiknya harga disebabkan minimnya pasokan ayam baik dari luar daerah maupun lokal Ngabang.

"Rata-rata kandang peternak sudah kosong, mereka menjual ayamnya waktu natal dan tahun baru, biasanya mereka hanya menyetok sedikit untuk habis tahun baru, makanya ayam jadi mahal," ungkap Iskandar selaku agen ayam.

Diakuinya bahwa ayam yang datang dari peternak dia beli dengan harga 36 ribu perkilonya dan dijual ke tingkat pengecer dengan harga 38 ribu perkilonya.

"Jangan dikira agen selalu dapat meraup keuntungan besar, resiko ayam mati di kandang penampungan sementara juga jadi resiko kerugian," keluhnya.

"Selama saya berdagang ayam, baru kali ini harga ayam potong sampai 48 ribu, banyak juga ibu ibu yang mau beli ayam lalu tak jadi, kaget dia dengar harganya" ungkap salah seorang pengecer ayam potong saat ditemui tim liputan.

Penulis : Irwanto
Editor : Tullahwi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini