|
Streaming Radio Suara Landak

IWO Gandeng DPMPD Landak Sosialisasi Media Relation Bagi Pemdes

IWO Gandeng DPMPD Landak Sosialisasi Media Relation Bagi Pemdes

Landak (Suara Landak) - Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Landak bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) melakukan kegiatan sosialisasi terkait Media Relation dalam rangka Keterbukaan informasi publik dalam rangka tata kelola pemerintahan desa,  Rabu (11/5/2022) di Aula kantor Bupati Landak.

Kegiatan sosialisasi Media Relation ini diikuti oleh 156 desa di wilayah kabupaten Landak, di mana para pesertanya adalah aparatur perangkat  pemerintah desa, seperti Sekrataris desa maupun Kaur desa. Untuk menjaga efektivitas, kegiatan sosialisasi dibagi menjadi 2 gelombang dalam kurun waktu 2 hari (11 - 12 Mei 2022). Adapun peserta pada hari pertama sebanyak 78 desa dari 6 kecamatan, yaitu kecamatan Ngabang, Mempawah Hulu, Mandor, Menjalin, Meranti dan kecamatan Kuala Behe.

Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan, Keuangan dan Aset Desa DPMPD Kabupaten Landak, Agustina Titin yang menghadiri kegiatan mewakili Kepala Dinas yang sedang menghadiri kegiatan lain, menyambut baik adanya kegiatan sosialisasi terkait relasi media ini.

"Kegiatan ini sangat positif agar desa-desa yang ada di kabupaten Landak bisa memanfaatkan media massa dalam upaya memperkenalkan potensi desanya, selain sebagai upaya adanya transparasi dalam tata kelola pemerintahan desa dalam rangka Keterbukaan informasi publik" ujar Titin mengawali sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Titin juga meminta kepada para aparatur desa yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan sosialisasi tersebut sebagai wahana pembelajaran dalam upaya meningkatkan peran kehumasan Pemdes.

"Meskipun waktu sosialisasi ini singkat, karena kita satukan dengan kegiatan Bimtek Aset, namun setidaknya memberikan gambaran bagi aparatur di pemerintahan desa dalam upaya menghadapi ketidakpuasan warganya yang kerap disampaikan melalui status di media sosial, sehingga citra pemdes menjadi kurang baik di mata publik" ujar Titin.

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO), L. Sahat Tinambunan, SE, MM yang hadir sebagai pemateri, menyambut baik upaya dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa (DPMPD) yang memberi kesempatan kepada organisasi wartawan IWO untuk memperkenalkan peran media massa kepada aparatur desa di kabupaten Landak, sehingga ke depannya dengan adanya sinergisitas akan memberikan dampak positif bagi kemajuan desa-desa yang ada di wilayah kabupaten Landak.

"Upaya memperkenalkan Pers kepada para Aparatur Pemerintah Desa ini sangatlah baik guna menjalin kerjasama sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang. Pers tidak hanya diamanatkan oleh UU sebagai kontrol sosial, tetapi juga mempunyai misi mendorong pembangunan, khususnya di wilayah perdesaan" ujar Sahat.

Selain itu, Sahat juga menjelaskan bahwa sosialisasi yang bertema "Media Relation" ini juga sebagai upaya mendekatkan Pers kepada aparatur desa, karena ada citra yang kurang baik dimata para aparatur Pemdes yang beranggapan bahwa awak media kerap mencari-cari kesalahan untuk dipublikasikan.

"Dengan adanya Media relation atau relasi media ini, para aparatur desa berperan sebagai pembuat berita (pres realesse) terkait Isu yang ada di desa-nya selanjutnya disampaikan ke awak media untuk dipublikasikan. Kerjasama seperti ini tentunya sesuatu hal yang positif, aktivitas desa bisa diketahui publik dan para awak media pun tidak harus turun ke lapangan untuk mencari informasi dan membuat berita. Sehingga tidak ada lagi kesan awak media datang mencari kesalahan, dan untuk anggota IWO kabupaten Landak, saya jamin mereka bekerja secara profesional sesuai dengan etika jurnalistik dan UU Pers" jelas Sahat.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini