|

Dukung Ketahanan Pangan, Bupati Landak Apresiasi Satpol-PP Budidaya Ikan

Anggota Satpol PP Landak panen ikan.

Ngabang
(Suara Landak) – Mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan, Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) memanfaatkan lahan sekitar kantor dengan membuat kolam budidaya ikan. Ide ini digagas oleh Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar).

Saat ditemui, Kabid Damkar Daniel menjelaskan bahwa pihaknya sengaja melakukan kegiatan tersebut guna memanfaatkan waktu piket pada bidang damkar yang dilaksanakan dalam 24 jam.

“Ide ini berawal saat kita memiliki tugas jaga selama 24 jam yang kita anggap cukup bermanfaat bila ada aktivitas diluar tupoksi kita. Total yang kita buat ini sebanyak 9 kolam dengan 2 ribu benih ikan disetiap kolam. Sedangkan biaya yang dipakai dalam hal ini yakni sebanyak 500 ribu/orang," jelas Daniel. 

Daniel menuturkan lama pemeliharaan benih hingga siap panen memerlukan waktu 3 bulan.

"Hari ini kita sudah mulai panen meski masih skala kecil,” terangnya.

Lebih lanjut Kasatpol-PP, Wibersono L Djait sangat mendukung hal ini, terlebih kegiatan tersebut memberikan manfaat yang baik bagi staf dan masyarakat. Pihaknya juga terus berupaya dalam mendukung program pemerintah ini meskipun di luar tupoksi instanstinya.

"Nah, dengan adanya kegiatan ini kita berharap mampu memberikan dampak yang baik yang dimulai dari staf hingga masyarakat sekitar. Karena mereka (Bidang Damkar) memang sudah ditugaskan dengan membentuk piket jaga 24 jam. Terima kasih kepada Bidang Damkar yang telah memiliki ide tersendiri dalam membantu program pemerintah,” ungkap Wibersono.

Sementara itu di tempat terpisah, Bupati Landak Karolin Margret Natasa sangat mengapresiasi atas kegiatan yang dilakukan Satpol-PP yang memiliki gagasan baru dalam mendukung program ketahanan pangan.

“Mungkin di tempat lain hal ini belum ada, sedangkan kita di Kabupaten Landak terus berusaha mencari ide dalam mendukung program ketahanan pangan ini terlebih kita masih pada masa Pandemi COVID-19 banyak hal yang menjadi perhatian kita guna menghadapi masa sulit ini. Tetapi mereka (Satpol-PP) sudah berupaya mendukung program ketahanan pangan yang jika dicermati maka hal ini cukup unik tapi inovatif,” ujar Bupati Landak.

Bupati Karolin juga berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya dapat membuat hal serupa dalam mendukung program ketahanan pangan ini.

“Dalam mendukung program ketahanan pangan ini tidak harus menanam padi, bisa juga beternak, budidaya ikan dan lainnya. Oleh sebab itu jika ada lahan yang berpotensi di masing-masing OPD, silahkan dikelola,” ungkap Karolin. (MC/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini