|

Bupati Landak Kick Off Sensus Penduduk September 2020

Bupati Landak kick off pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020.
Ngabang (Suara Landak) – Bupati Landak Karolin Margret Natasa melakukan Sosialisasi dan Kick Off pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020 bersama Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak Yanuar Lestariadi yang bertempat di Aula Utama Kantor Bupati Landak, Selasa (1/9/2020).

Sensus Penduduk September 2020 ini merupakan lanjutan dari rangkain program sensus penduduk online 2020 yang dilaksankan sejak tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020, dimana Kabupaten Landak melebihi target 9,9 % dari target 6%.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Landak berserta jajarannya atas dukungannya pada sensus penduduk online, sehingga Kabupaten Landak mendapatkan penghargaan dari BPS Pusat karena mampu melebihi target yang diharapkan pada sensus penduduk online dari 5 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat yang mecapai target sensus penduduk online,” kata Yanuar dalam laporannya.

Sensus Penduduk September 2020 ini akan melakukan beragam tahapan dengan mengirimkan petugas sensus penduduk ke lapangan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19, serta melakukan pendataan dan pengecekan data dari Sensus Penduduk Online.

“Untuk bulan ini kita melakukan beberapa tahapan yakni pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan dan pendataan penduduk pada Sensus Penduduk September 2020 yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 15 September 2020. Sensus Penduduk September 2020 ini juga akan mengikuti standar protokol kesehatan COVID-19 kepada para petugas yang akan ke lapangan melakukan pendataan,” jelas Yanuar.

Sementara itu, Bupati Landak Karolin Margret Natasa dalam sambutannya mengajak semua masyarakat dalam mendukung program Sensus Penduduk September 2020 ini. Karena dengan data penduduk yang jelas akan mudah menentukan arah kebijakan dan program pemerintah.

”Data sensus penduduk bermanfaat sebagai dasar menghitung parameter-parameter kependudukan, pembentukan kerangka sampel, dan penuyusunan proyeksi penduduk. Selain itu, data hasil Sensus Penduduk juga sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan baik oleh pemerintah pusat Maupin daerah,” terang Karolin.

Bupati Landak juga meminta pihak kecamatan dan desa dapat mendukung sensus penduduk ini dengan membantu para petugas sensus dalam melakukan pendataan di lapangan, agar mereka lebih mudah melakukan pendataan.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Landak, para Camat, Kades dan Ketua Satuan Lingkungan Setempat (SLS yakni Kepala Dusun dan Ketua RT) beserta seluruh pihak untuk memberikan dukungan penuh dalam mensukseskan kegiatan Sensus Penduduk 2020 dan membantu petugas sensus di wilayahnya masing-masing,” ungkap Karolin. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini