|

Bersama TAPD, Banggar DPRD Landak Bahas KUA - PPAS Perubahan APBD 2020

Suasana di ruang rapat utama di Kantor DPRD Landak

Ngabang (Suara Landak) - Dalam rangka membahas rancangan KUA dan PPAS perubahan APBD Kabupaten Landak Tahun Anggaran 2020. Badan Anggaran (Banggar) DPRD Landak kembali mengadakan rapat bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Landak secara tatap muka berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan di ruang rapat utama Kantor DPRD Kabupaten Landak pada Kamis (17/7/2020) hingga Jumat (18/7/2020).

Rapat yang berlangsung selama 2 hari ini, dipimpin oleh Heri Saman Ketua DPRD Landak tersebut didampingi Wakil Ketua, Anggota Banggar DPRD, serta dihadiri Vinsensius Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dan beberapa OPD Kabupaten Landak yang terkait.

Ketua DPRD Landak saat dikonfirmasi usai kegiatan menyampaikan bahwa Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Landak untuk tahun ini terjadi peningkatan, meski tidak banyak namun dirinya berharap capaian tersebut terus meningkat.

"Berdasarkan pemaparan dari TAPD bahwa struktur KUA - PPAS APBD perubahan 2020 yang mencakup pada Pendapatan Asli Daerah yang meliputi pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah, pada saat refocussing atau realokasi APBD akibat Pandemi COVID-19 mengalami penurunan, tapi hal ini sudah dibahas dalam laporan realisasi semester I dan prognosis untuk semester II APBD tahun 2020, dan pada KUA - PPAS perubahan APBD 2020 yang diproyeksikan mengalami kenaikan walaupun sedikit," ucap Heri Saman

Selain itu Heri Saman menyampaikan terkait dana perimbangan juga mengalami kenaikan karena adanya dana transfer Dana Alokasi Khusus (DAK) cadangan dari Pemerintah Pusat terlebih anggaran tersebut bertambah karena digunakan dalam untuk penanganan COVID-19.

"Dari segi belanja baik itu belanja tidak langsung dan belanja langsung kita harapkan penyerapannya bisa semaksimal mungkin, terutama belanja modal sehingga bisa diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat Pandemi COVID-19 yang selama ini mengalami penurunan," ujar Heri Saman

Sementara itu Ketua TAPD Kabupaten Landak, Vinsensius berharap pada APBD Perubahan ini dapat dilaksanakan secepatnya.

"Untuk kesepakatan-kesepakatan umum ini mengingat ini juga salah satu bahan untuk kesepakatan-kesepakatan berikutnya maka kami berharap APBD ini dapat di sepakati, dan dilaksanakan secepatnya," ucap Vinsensius yang juga merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten Landak. (Rilis/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini