-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Pemkab Landak Terapkan Tanam Padi Demplot Varietas Unggul Bersertifikat

Kelomopok Tani Taruna Abadi menanam padi demplot varietas unggul bersertifikat

Sengah Temila (Suara Landak) - Ditengah Wabah Corona Virus Disease (COVID-19) yang melanda Dunia termasuk Indonesia, Pemerintah Kabupaten Landak melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) melakukan tanam padi demplot varietas unggul bersertifikat di Dusun Senakin, Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila, Jumat (29/5/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama antara Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak dengan Unit Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Kalimantan Barat.

Hadir dalam tanam padi demplot varietas unggul bersertifikat ini Sekretaris DPPKP Kabupaten Landak, Pengawas Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak, Perwakilan UPTD Balai Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak, Kepala BP2K Sengah Temila.

Pengawas Benih Tanaman Pangan Kabupaten Landak, Benhard Samosir menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan penggunaan benih bermutu bersertifikat/berlabel dari varietas unggul baru, dalam setiap usaha pertanian dan memperluas penyebaran varietas unggul baru yang mempunyai potensi serta meningkatkan penyerapan penggunaan benih bermutu sesuai daerah lokasi setempat.

"Ada lima jenis demplot varietas unggul bersertifikat yang saat ini kita tanam yaitu varietas Padjajaran, Varietas Siliwangi, Varietas Pamelan, Varietas Rindang 1 dan Varietas Rindang 2. Tiga bulan kedepan kita akan melihat varietas apa yang lebih toleran dan menghasilkan gabah atau benih padi yang lebih tinggi," Ujar Benhard.

Sementara itu, Sekretaris DPPKP Kabupaten Landak, Sinaga mendukung dan mengapresiasi kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Taruna Abadi di Senakin, Desa Senakin, Kecamatan Sengah Temila.

"Saya mendukung penuh dan mengapresiasi kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat ini dilaksanakan terus-menerus di Kabupaten Landak. Dengan adanya kegiatan ini, para petani yang ada di Kabupaten Landak dapat mengetahui berbagai varietas padi dengan produksi tinggi dan dapat menghasilkan benih padi bersertifikat untuk dikembangkan kembali, karena pada saat ini Kabupaten Landak masih mendatangkan benih dari luar daerah," ujar Sinaga.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa mendukung kegiatan tersebut karena para petani mempunyai kesempatan memiliki demplot varietas unggul bersertifikat. Dengan adanya kegiatan demplot varietas unggul bersertifikat, petani bisa melihat secara langsung jenis padi yang cocok untuk dikembangkan.

"Padi demplot yang ditanam ini, merupakan cikal bakal untuk pengembangan sumber benih yang ada di Kabupaten Landak, karena memang saat ini banyak hal yang dihadapi petani terutama tidak adanya sumber benih bersertifikat yang harus ditanam, sementara varietas padi yang telah ditanam biasanya tidak bersertifikat bahkan sudah berkali-kali ditanam, Sehingga dalam produktivitasnya produksinya rendah, semoga dengan ini petani kita bisa meningkatkan produktivitasnya," Terang Karol.

Kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai informasi, inovasi dan tekhnologi pertanian terutama para petani bisa memilih varietas mana sesuai dengan jenis lahan yang kami garap.

Petani pelaksana, Madiro mengatakan selama ini petani menanam jenis padi tidak sesuai dengan varietas dan lokasi setempat.

"Semoga dengan adanya demplot varietas unggul bersertifikat ini dapat memberi pemahaman kepada kami para petani," ungkap Madiro. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini