|

WHO Dapat Laporan Banyak Pasien Sembuh Corona Kembali Tertular, Tanggapan?

ilustrasi WHO. (Hector Christiaen / Shutterstock.com)
Jakarta (Suara Landak) - Organisasi Kesehatan Dunia WHO mengatakan telah mendapat laporan mengenai pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh namun kembali positif.

Di Korea Selatan, otoritas setempat mengatakan setidaknya ada 91 pasien sembuh Covid-19 yang kembali positif virus corona untuk kedua kalinya.

Jeong Eun-kyeong, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan, mengatakan bahwa ada kemungkinan virus itu "aktif kembali" pada pasien yang telah sembuh.

"Kami mengetahui laporan-laporan ini dari individu yang telah dites negatif untuk Covid-19 menggunakan pengujian PCR dan kemudian setelah beberapa hari pengujian positif lagi," kata WHO seperti dikutip dari Kantor berita Reuters, Minggu (12/4/2020).

"Kami berhubungan erat dengan para ahli klinis dan bekerja keras untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kasus-kasus individual tersebut. Penting untuk memastikan bahwa ketika sampel dikumpulkan untuk pengujian pada pasien yang dicurigai, prosedur dipatuhi dengan benar," tambahnya.

Menurut pedoman WHO tentang manajemen klinis, seorang pasien dapat dikeluarkan dari rumah sakit setelah dua hasil negatif Covid-19 berturut-turut pada pasien yang sembuh.

Berdasarkan studi saat ini, ada waktu sekitar dua minggu antara timbulnya gejala hingga pemulihan pasien dengan penyakit Covid-19, kata badan tersebut.

"Kami menyadari bahwa beberapa pasien positif kembali setelah mereka pulih secara klinis. Tetapi kami butuh pengumpulan sampel secara sistematis dari pasien yang pulih untuk lebih memahami berapa lama mereka melepaskan virus hidup," katanya.

Pejabat kesehatan di Korea Selatan mengatakan pada Jumat (10/10) bahwa masih belum jelas apa yang terjadi di balik tren ini, dengan penyelidikan epidemiologis masih berlangsung.

"Karena Covid-19 adalah penyakit baru, kami membutuhkan lebih banyak data epidemiologi untuk menarik kesimpulan profil pelepasan virus," kata WHO.

Jumlah kematian yang terkait dengan virus corona Covid-19 ini telah mencapai 100.000 per Jumat (10/10) dengan total kasus positif yang dilaporkan lebih dari 1,6 juta di seluruh dunia.

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini