|

BPS Landak Rakor Sensus Penduduk 2020

BPS adakan rapat koordinasi pelaksanaan sensus penduduk 2020 Kabupaten Landak

Ngabang (Suara Landak) - Guna mensukseskan Sensus Penduduk 15 Februari - 31 Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak melakukan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Landak. Acara tersebut diselenggarakan dalam aula Kantor Bupati Landak, Rabu (5/2/2020) pagi.

Kepala BPS Landak Yanuar Lestariadi mengatakan bahwa sensus penduduk tahun 2020 ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan serentak di Indonesia.

"Sensus 2020 ini merupakan sensus ke-7 yang dilaksanakan setelah kemerdekaan RI," ujarnya.

Sensus penduduk ini merupakan lanjutan dari sensus penduduk sebelumnya telah dimulai pertama kali pada tahun 1961.

"Pada tahun ini, sensus penduduk berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu menggunakan metode kombinasi," tambah Yanuar.

Pada saat di lapangan, data yang dipakai adalah data Disdukcapil menggunakan sistem adminduk sebagai data base yang digunakan petugas. Tujuan sensus 2020 yaitu menuju satu data kependudukan Indonesia.

Sensus penduduk 2020 menggunakan dua cara, yang pertama menggunkan sensus penduduk online dan door to door.

"Bagi penduduk yang tidak bisa berpartisipasi secara online, akan menggunakan siatem wawancara door to door yang akan dilaksanan pada bulan Juli tahun 2020," katanya

Dia juga telah mensosialisasi ke sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Landak, sehingga nantinya akan membantu orang tua mereka dalam pendaatan sensua penduduk secara online.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa diwakili Sekretaris Daerah Landak Vinsensius menekankan perlunya keterlibatan komponen organisasi pemerintah dan penduduk.

"Sensus 2020 merupakan kegiatan nasional yang kepentingannya demi kepentingan dan pengembangan sumber daya manusia yang lebih baik," katanya.

Dia juga menyampaikan data penduduk merupakan data yang sangat penting untuk menentukan kebijakan diberbagai bidang. (Ifik/Kundori)

Disiarkan di Radio Suara Landak
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini