|

Streaming Radio Suara Landak

Bhabin Hadiri Ritual Adat Baremah Pembersihan Lahan Aliran Listrik

Ritual adat Beremah
Sengah Temila (Suara Landak)- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) terus bergerak melistriki daerah-daerah di seluruh Indonesia, salah satunya kini perdesaan tepatnya di Dusun Rorongan Desa Keranji Mancal yang saat ini di kerjakan langsung oleh salah satu kontraktor PT Eka Jaya Elektrik dan PLN ini membangun jaringan distribusi sepanjang kurang lebih 2,5 km untuk mengaliri 102 rumah.

Dalam kegiatan pembersihan lahan aliran listrik ini, nampak hadir Bripka Yudi Aditya  selaku anggota bhabinkamtibmas kecamatan sengah temila, kades keranji mancal dan Temenggung Binua Laman Garoh

Warga Dusun Rorongan desa keranji mancal kecamatan sengah temila kabupaten landak menyambut positif, pasalnya kampung mereka ini tak lagi gelap, dan warga yang tinggal di daerah perkampungan tersebut kini akhirnya merasakan terangnya listrik.

Masuknya PLN di dusun Rorongan ini tentunya membawa harapan baru bagi warga yang sudah lama mengimpikan lampu listrik milik negara tersebut masuk di daerahnya.

Hal ini di ungkapkan oleh Adrianus ketua BPD saat di dampingi oleh Miksen dan F. Idit selaku tokoh masyarakat dusun Rorongan, ia mengatakan Listrik ini sangat penting. Hadirnya listrik di dusun rorongan ini, diharapkan dapat membawa nilai positif bagi warga sekitar. Dan warga Rorongan juga melaksankan prosesi Ritual Adat setempat (baremah) untuk pembersihan lahan sepanjang jaringan listrik menuju dusun Rorongan, hal ini di lakukan agar proses penancapan tiang listrik tidak terkendala.

“Kami merasa bersyukur, mengingat listrik milik negara telah masuk di dusun rorongan, dan hari ini juga kami mengadakan prosesi adat syukuran guna untuk menerima kehadiran PLN ini,”kata Adrianus.

Dan hal serupa juga di ungkapkan oleh Selsius selaku kepala desa keranji mancal, ia mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut positif PLN Masuk di wilayah desanya, dan ia juga mengatakan bahwa selain di dusun rorongan juga di dusun Sidas daya akan di aliri PLN ini.

“Saya banyak berterima kasih kepada pihak-pihak terkait yang telah merespon cepat  pengajuan listrik desa ini, mengingat selama ini warga dusun Rorongan dan dusun Sidas daya sangat mendambakan penerangan listrik milik negara,”kata Selsius

Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan melalui Bhabinkamtibmas Bripka Yudi Adittya mengatakan maksud kegiatan ritual adat tersebut, bertujuan untuk wujud doa syukur kepada Tuhan (Jubata), mengingat apa yang diharapkan atau di cita-citakan segala sesuatunya kini telah terwujud

Menurut Yudi, kegiatan semacam ini pantas dilestarikan apa pun bentuk nya, yang penting ada makna pelestarian adat istiadat.

"Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita, dan ada usur-unsur positifnya. Diantaranya sistem religi (kepercayaan agama), sistem ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau kekerabatan," ucap Yudi (Simson)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini