|

Streaming Radio Suara Landak

Upacara Ritual Adat Pamabakng di Lokasi PT GRS


Mandor (Suara Landak) - Kepala Kepolisian Sekto Mandor
IPTU Anuar Syarifudin bersama personilnya menghadiri upacara ritual  adat Pamabakng Sabtu (12/01/2019) pukul 09:00 WIB.

Upacara ritual adat Pamabakng dipasang di area kebun PT Gunung Rinjauan Sejahtera (GRS) yang beralamat di Desa Selutung Kecamatan Mandor Kabupaten Landak.

Dalam kegiatan upacara ritual adat Pamabakng di lokasi kebun sawit milik PT Gunung Rinjauan Sejahtera (GRS) dihadiri oleh Pihak perusahaan, Muspika, Tokoh adat, Tokoh masyarakat dari dua Kecamatan dan dua Kabupaten.
Seperti Kabupaten Landak dan Kabupaten Mempawah.

Dalam  kesempatannya Ketua Adat Dayak (DAD) Kecamatan Mandor Agus Guletek.,SE. menyampaikan upacara ritual pamabakng atau Tolak Bala bertujuan untuk menolak perbuatan yang tidak baik, menolak pikiran kita yang
negatif sakit, meneguhkan hati  yang sakit.

"Kita memohon kepada jubata atau tuhan. baik pihak perusahaan maupun pihak masyarakat dijauhkan dari pikiran dan perbuatan yang buruk," tutur ketua DAD Kecamatan Mandor.

Kepala Kepolisian Sekto Mandor IPTU Anuar Syarifudin menyatakan dalam acara ritual adat Pamabakng dan pertemuan di aula kantin perusahaan PT GRS Kapolsek dengan dilakukannya upacara ritual pamabakng diharapkan semua pihak untuk menghormati menghargai dan mentaati keputusan tersebut, karena ritual adat Pamabakng itu disetujui dan disepakati  bersama sama.

"Apabila ada hal atau permasalahan di lingkungan perusahaan jangan mengambil inisiatif atau kebijakan sendiri serta melakukan tindakan anarkis seperti, penganiayaan, penyanderaan, pembakaran, pemagaran dan lainnya yang pada akhirnya menjadi perbuatan melanggar hukum silahkan apabila ada permasalahan di lingkungan kerja lakukan upaya prosedural," ucap Kapolsek.

Penulis : Irmanudin
Editor : Tullahwi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini