|

Streaming Radio Suara Landak

Musim Hujan, Sejumlah Daerah di Landak Rawan Longsor

NGABANG (Suara Landak) - Memasuki musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Landak meminta warga menghindari wilayah rawan longsor.

"Perkiraan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika provinsi (BMKG) dari tanggal 27 Februari sampai dengan Maret wilayah kalbar akan memasuki musim penghujan yang bisa memicu bencana longsor", jelas Kepala Pelaksana BPBD Landak Banda Kolaga dihubungi melalui via selularnya, Minggu (11/3).

Menurutnya, untuk wilayah rawan longsor yaitu dari daerah Sehak kecamatan Sengah Temila karena pernah terjadi longsor. Kemudian wilayah kecamatan Menyuke mulai d
Darit menuju wilayah Simpang Tiga karena wilayah perbukitan.

"Kemudian dari Ngabang menuju  wilayah kecamtan Air Besar serimbu ada beberapa daerah terutama di daerah simpang Kuala Behe, "ungkapnya.

Banda Kolaga juga menghimbau warga yang tinggal di daerah tebing untuk selalu waspada jika melihat ada pergerakan tanah.

"Kita selalau ingatkan melalui kepala desa untuk mengingatkan warganya yang berada di daerah tebing supaya jika terjadi hujan yang cukup deras bisa menantisipasi dan waspada jika ada pergerakan tanah", himbaunya.

Sementara itu,  Kepada Desa Raja Ngabang Zulkarnain memasuki musim penghujan untuk wilayah Desa Raja yang rawan longsor adalah wilayah tepian sungai Landak.

"Untuk wilayah kami daerah yang berada di pinggir sungai ada Dusun Raiy kemudian Dusun Pesayangan termasuk Dusun Raja dan dusun Martalaya", ungkapnya

Memang jika saat musim hujan tiba ada semacam pengikisan tanah yang bisa memicu longsor khususnya di wilayah Dusun Raiu dan Dusun Pesayangan.

Dia berharap pemerintah untuk membangun bengan atau barau agar tanah tidak longsor.

"Kami harapkan dari pemerintah di untuk membangun bengan atau beronjol agar tanah itu tidak longsor, "katanya.

Selain itu Desa Raja juga telah bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Landak jika terjadi bencana longsor masyarakat diminta untuk mengungsi ke tenda-tenda yang telah disiapkan pemeritah nanti juga akan disiapkan makanan dan pakain.

"Kalau terjadi bencana kita selalu berkomunikasi dengan pemerintah khususnya BPBD, masyarakat kita minta untuk bisa mengungsi ke tenda dan barak yang telah disediakan," pungkasnya.

Penulis: Rizki
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini