|

Streaming Radio Suara Landak

Umat Budha di Landak Kutuk Tragedi Kemanusiaan Ronghiya

SUPIRO
Ngabang (Suara Landak)  - Penyuluh Agama Budha Kantor Kementrian Agama Landak, Supiro S Ag, mengatakan pihaknya dari umat Budha Kabupaten Landak mengutuk keras tindakan kekerasan yang dilakukan Myanmar terhadap masyarakat rohingya.

"Apa pun tindakannya yang sifatnya merugikan kemanusiaan itu kami tidak menyetujui, kami tetap pada prinsip ajaran agama Budha. Bahwa agama Budha itu tanpa kekerasan,"kata Supiro di Ngabang pada Selasa (5/9)

Sehingga pihaknya dari umat Budha Kabupaten Landak khusus, menyatakan pernyataan sikap seperti itu.

"Jadi itu pernyataan masyarakat yang beragama Budha yang ada di Kabupaten Landak. Kami juga meminta semua pihak untuk menahan diri," ujarnya.

Kemudian masalah tersebut diserahkan kepada yang pihak yang berwajib.

"Karena sekarang pemimpin Myanmar juga sudah ambil tindakan, mereka tau benar tindakan apa yang harus mereka ambil," ungkapnya.

Selain itu kepada masyarakat Budhis diharapkan tidak mudah terprovokasi, kepada masyarakat yang lain juga mesti berhati-hati melihat maraknya pemberitaan di Media Sosial (Medsos) yang menyudutkan.

"Kita harus memilah dan memilih sumber berita, karena saya lihat sekarang media sosial banyak menyesatkan. Bukan berita yang sebenarnya, malah dibuat seolah-olah itu yang sebenarnya," beber Supiro.

Dengan demikian dirinya meminta semua masyarakat menahan diri dan diserahkan kepada yang berwajib.

"Yang jelas tindakan apa pun yang sifatnya merugikan kemanusiaan dan kejahatan kemanusian, kami atas nama agama Budha mengutuk keras," tegasnya.

Ke depan pihaknya berharap hubungan antara Indonesia dan Myanmar terus terjalin dengan baik.

"Kami ingin masyarakat Indonesia dan masyarakat Myanmar, bisa tetap menjalin komunikasi yang baik. Sehingga hal ini bisa mendapat kejelasan yang terang benderang," tandasnya.

Penulis: Kundori
Editor: Mimi
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini