|

Streaming Radio Suara Landak

Jelang HUT Pemda, Karolin Pimpin Gotong Royong

Ngabang (Suara Landak) -Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Landak ke 18 tahun 2017, Pemkab Landak meminta partisipasi masyarakat Landak khususnya di Kota Ngabang, untuk melakukan gotong royong bersama membersihkan lingkungan disekitar rumahnya, tempat usaha dan tempat fasilitas umum lainnya. Gotong royong  dilakukan serentak Jumat (29/9) pagi.

Untuk di Kota Ngabang sendiri, ada beberapa sasaran tempat pelaksanaan kerja bakti itu. Lokasi tersebut seperti di terminal bis Ngabang, lapangan Bardan, pasar rakyat, lingkungan pasar, taman Kota intan dan makam pahlawan. Dalam pelaksanaan gotong royong inipun, Pemkab Landak menggandeng SKPD yang ada dilingkungan Pemkab, TNI/Polri, organisasi masyarakat, organisasi rumah ibadah dan paguyuban.

Gotong royong itu dipimpin langsung Bupati Landak, Karolin Margret Natasa. Namun saat Bupati Karolin membersihkan lingkungan di salah satu pemilik ruko dikawasan pasar Ngabang, pemilik ruko tersebut hanya menonton saja. Mereka seakan-akan tidak perduli dengan hal itu.

Menanggapi hal tersebut, bupati mengakui jika sekarang ini semangat kegotongroyongan masyarakat sudah mulai berkurang.

"Apalagi masyarakat yang tinggal dilingkungan pasar. Inikan pemukiman padat penduduk. Tentunya harus memiliki toleransi dan harus mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku dalam kehidupan bersama," ujar bupati ditemui disela-sela gotong royong. Bupati juga mengakui, sering kali masyarakat tidak peduli dengan lingkungan.

"Tadi juga sekaligus kita mengadvokasi masyarakat yang tinggal di pasar agar mereka memiliki kesadaran terhadap upaya menjaga lingkungan sekitarnya. Sebab, setiap hari yang berada disitu adalah mereka," ungkapnya.

Ditambahkan bupati, Pemkab Landak tentu memiliki sejumlah tanggung jawab untuk membangun dan untuk memperbaiki infrastruktur.

"Tapi untuk menjaga kebersihannya sehari-hari, tentu masyarakat juga harus terlibat. Dengan demikian, Kota Ngabang yang kita cintai ini selalu dalam keadaan yang bersih, sehat, rapi dan indah," katanya.

Melalui kegiatan gotong royong ini, Karolin berharap ada kesadaran baru dari masyarakat.

"Kita juga tadi sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa dan ketua-ketua yayasan yang ada di pasar. Saya harapkan kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara rutin. Paling tidak satu bulan sekali. Ini untuk membina semangat gotong royong antar sesama warga dan membangun kesadaran bersama," ungkapnya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini