|

Streaming Radio Suara Landak

Polsek Ngabang Imbau Warga Cegah Karhutla

Polsek Ngabang Imbau Warga Cegah Karhutla

Ngabang (Suara Landak) - Dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Polres Landak menggelar Operasi Bina Karuna Kapuas tahun 2023 Mulai tanggal 02 Maret 2023. Memasuki hari ke-2 Ops Bina Karuna Kapuas Tahun 2023, Polsek Ngabang melalui Unit Panit Binmas Bripka Agus dan Bhabinkamtibmas Bripka M.P Tambunan melakukan patroli dan imbauan berupa pamflet, selebaran, Maklumat maupun spanduk-spanduk tentang karhutla, Sabtu (04/03/2023).

“Giat patroli Karhutla tersebut sudah kita tentukan sebelumnya sehingga langsung menghimbau kepada warga agar dilarang melakukan pembakaran hutan dan lahan saat membuka pertanian dan perkebunan,” ungkap Bripka Agus.

Kapolres Landak Akbp I Yoman Budi Artawan, S.H.,S.I.K.,M.M melalui Kapolsek Ngabang Kompol Wahyu Hartono, SH MAP melalui Bripka Agus Priadi mengatakan Ops Bina Karuna Kapuas tahun 2023 Tahap I dilaksanakan guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Agus juga menghimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan kearifan lokal sesuai dengan Pergub Kalbar nomor 103 tahun 2020 tentang pembukaan lahan perladangan berbasis kearifan lokal dengan mengikuti tata cara pembukaan lahan.

"Bukan lahan gambut, pemberitahuan kepada perangkat desa yang dilakukan secara bergiliran dan diatur oleh perangkat desa serta memberitahukan kepada pemilik lahan yang berbatasan dengan lahan yang akan dibakar. Membuat sekat bakar, menyediakan bahan dan peralatan pemadam menggunakan dan mengutamakan tata cara tradisional sesuai dengan kearifan lokal," ujar Agus.

"Dimulai dari tepi lahan dan sesuai kondisi arah angin serta dijaga sampai dengan api padam. Tidak mengakibatkan lahan orang lain ikut terbakar dan mengganggu keselamatan orang. Pembukaan lahan hanya untuk ditanami tanaman padi, palawija dan sayuran. Saya menghimbau dimana untuk membuka lahan untuk di tanami varietas lokal dan membuka lahan dengan cara membakar tidak lebih dari 2 hektar," terang Agus.

Humas Polsek Ngabang

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini