-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Pj Bupati Landak Resmikan PAMSIMAS Desa Berinang Mayun

Pj Bupati Landak Resmikan PAMSIMAS Desa Berinang Mayun

Menyuke (Suara Landak) - Pj Bupati Landak Samuel, SE, M.Si meresmikan Program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) Desa Berinang Mayun pada Acara Serah Terima dan Peresmian Kegiatan PAMSIMAS Desa Berinang Mayun, Dusun Titi Tareng, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak. Kamis (15/12/2022).

Turut hadir Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah II Kalbar atau yang mewakili, Kepala Dinas PUPRPERA Kabupaten Landak, Kepala Dinas PMPD Kabupaten Landak, Forkopimcam Menyuke, Tim Pokja PKP Kabupaten Landak, Tim Fasilitator Pamsimas Kabupaten Landak, Kades Berinang Mayun, masyarakat Dusun Titi Tareng, dan tamu undangan terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Landak Samuel menyampaikan bahwa PAMSIMAS telah menjadi salah satu program andalan nasional Pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas air minum dan perdesaan yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

“PAMSIMAS Kabupaten Landak sejak tahun 2014 sampai tahun 2022 desa sasaran PAMSIMAS sudah mencapai 115 desa yang tersebar di 13 kecamatan,” ujar Samuel.

Lebih lanjut, Samuel menyatakan bahwa dalam program PAMSIMAS Tahun 2022 yang dalam penyelenggaraannya melibatkan pelaku di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan desa, dengan sebagian besar kegiatannya diharapkan dapat menunjang capaian target 100% air minum bagi seluruh masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat terutama perilaku cuci tangan pakai sabun.

“Hal ini juga diharapkan dapat mendukung program pemerintah terutama yang berkaitan dengan intervensi penanganan stunting. Dengan adanya air bersih di Dusun Titi Tareng, Desa Berinang Mayun ini, kami berharap masyarakat Dusun Titi Tareng, Desa Berinang Mayun ini dapat membangun dan memiliki jamban sehat yang baik,” ucap Samuel.

Pj. Bupati Landak itu juga mengatakan bahwa keterlibatan langsung masyarakat dalam proses pembangunan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap infrastruktur yang sudah terbangun sehingga masyarakat jugalah yang akan memelihara keberlanjutannya.

“Pengelolaan berlanjut di tingkat masyarakat bertujuan untuk menjamin penyediaan air minum dan sanitasi yang telah di bangun PAMSIMAS tetap terpelihara, sehingga mampu memberikan bahkan meningkatkan jangkauan pelayanan air minum dengan melibatkan seluruh pelaku di tingkat desa seperti Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS), serta seluruh masyarakat desa setempat,” tukasnya.

Samuel menyatakan bahwa Program PAMSIMAS ini merupakan program yang sangat menyentuh langsung ke masyarakat sehingga program ini layak untuk di perjuangkan dan dipertahankan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Landak kedepannya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui program strategis di sektor penyediaan air minum. Kami berharap pemerintah pusat di tahun-tahun berikutnya tetap memberikan bantuan melalui penganggaran dana APBN untuk Kabupaten Landak, dan Pemerintah Kabupaten Landak siap berkomitmen dalam mendukung kegiatan PAMSIMAS ini,” jelas Samuel.

Tidak lupa Samuel berpesan agar sarana yang telah terbangun dapat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat dan memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya di Desa Berinang Mayun.

“Kami harap kegiatan ini segera di catatkan oleh Pemerintah Desa sebagai Aset Milik Desa dan kedepannya agar dibuatkan Perdes tentang Pengelolaan Air Bersih, sehingga kedepannya juga bisa menjadi salah satu unit BUMDES,” tutup Samuel.

Diskominfo Kabupaten Landak / Dion RSL


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini