|

Streaming Radio Suara Landak

Ketua DPRD Landak Hadiri Pelantikan IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025

Ketua DPRD Landak Hadiri Pelantikan IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025

Ngabang (Suara Landak) - Ketua DPRD Landak Heri Saman, Menghadiri Pelantikan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025. Jumat, (07/10/2022).

Acara pelantikan IAKMI berlangsung di Aula DPRD Kabupaten, dihadiri Pj. Bupati Landak Samuel, Forkopimda Kabupaten Landak, IAKMI Provinsi Kalimantan Barat, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak, Bank Kal-Bar, HPI Group, BPJS Kesehatan, Kepala Puskesmas di Kabupaten Landak, Organisasi Profesi Kesehatan di Kabupaten Landak, serta pengurus IAKMI yang akan dilantik, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Komisi C DPRD Landak Margareta, S.KM, dikukuhkan sebagai Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025 oleh Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Kalimantan Barat Rizky Rachmad Akbar, S.K.M., M.Eng.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Samuel, mengucapkan selamat Kepada Ibu Margareta yang dilantik sebagai Ketua IAKMI Cabang Kabupaten Landak dan Anggota IAKMI yang dilantik pada hari ini.

“Semoga dengan telah dilakukannya pelantikan Pengurus Cabang IAKMI Kabupaten Landak, para ahli Kesehatan Masyarakat yang ada di Kabupaten Landak ini dapat lebih mengembangkan Ilmunya dalam mengabdikan kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Landak,” Ujar Samuel.

Pj. Bupati Landak menyampaikan dalam pembangunan kesehatan, tenaga kesehatan masyarakat merupakan bagian dari sumber daya manusia yang sangat penting perannya guna meningkatkan kesadaran yang lebih tinggi pada pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif. Untuk itu perlu dipersiapkan tenaga terlatih di bidang promosi kesehatan termasuk pakar yang memahami sosiologi, antropologi, perilaku, ilmu penyuluhan dan lain-lain.

“Tenaga kesehatan masyarakat mempunyai peran strategis dalam mengubah perilaku masyarakat menjadi kondusif terhadap Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) melalui promosi kesehatan. Promosi yang dilakukan perlu mengikuti 4 tahapan yaitu:
1. Memperkenalkan gagasan dan teknik perilaku sehat

2. Melakukan identifikasi dan mengembangkan strategi perubahan perilaku sehat, 3. Memotivasi masyarakat sehingga terjadi perubahan perilaku sehat dan, 4. Memahami cara berkomunikasi serta merancang program komunikasi.” Ujar Samuel.

Samuel menyampaikan, semoga dengan telah dikukuhkannya Kepengurusan Ikatan Ali Kesehatan Masyarakat Cabang Kabupaten Landak, terdapat Wadah untuk para tenaga Kesehatan Masyarakat saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk bersama-sama maju Membangunan Kabupaten Landak dari berbagai arah.

“SKM Semua Kerja Mau, Semua Kerja Mampu. Harapan kami juga semoga kedepannya IAKMI Cabang Kabupaten Landak dapat Menyusun program-program kerja nyata dalam mendukung Pembangunan di Kabupaten Landak, khususnya pembangunan di Bidang Kesehatan.” Imbuh Pj. Bupati Landak Samuel.

Ketua IAKMI Provinsi Kalimantan Barat, mengucapkan selamat kepada Ketua IAKMI Cabanag Kabupaten Landak yang terpilih Masa Bhakti 2022-2025.

“Selamat kepada Ketua IAKMI yang terpilih Ibu Margareta, S.K.M., dan pengurus-pengurus IAKMI Cabang Kabupaten Landak, semoga tetap menjalankan amanah dengan baik. Mari kita bersama-sama bersinergi.” Ujar Ketua IAKMI Prov. Kalimantan Barat Rizky Rachmad Akbar, S.K.M., M.Eng.

Ketua IAKMI Masa Bhakti 2022-2025 Margareta, S.K.M., mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu teman-teman sejawat Ahli Kesehatan Masyarakat yang telah memberi kepercayaan untuk menjadi Ketua IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025.

“Saya sebagai ketua IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak periode tahun 2022 sampai dengan tahun 2025, mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak/Ibu teman-teman sejawat Ahli Kesehatan Masyarakat Kabupaten Landak yang telah memilih saya sebagai ketua IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak.” Ujar Ketua IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025 Margareta, S.K.M.

Margareta juga mengatakan IAKMI didirikan pada tahun 1971, yaitu tepatnya pada tanggal 27 April dan sudah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan keputusan nomor AHU 113.AH.01.07 tahun 2013 tanggal 18 Juni 2013 yang menjadikan IAKMI secara resmi menjadi badan hukum.

Margareta, mengatakan IAKMI memiliki visi “Menjadikan organisasi profesi kesehatan masyarakat bertaraf dunia dalam mencapai derajat kesehatan bangsa setinggi-tingginya”.

Margareta, Ketua IAKMI Pengurus Cabang Kabupaten Landak Masa Bhakti 2022-2025 menyampaikan beberapa peran penting IAKMI dalam peningkatan profesi Ahli Kesehatan Masyarakat.

“Hal yang mendasari perlunya organisasi profesi kesehatan IAKMI yaitu peran penting IAKMI dalam peningkatan profesi Ahli Kesehatan Masyarakat antara lain :
1. Sebagai organisasi profesi Kesehatan Masyarakat, IAKMI diminta secara resmi oleh Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI untuk melakukan proses seleksi, pendalaman materi kompetensi, dan pemberian sertifikat ber-SKP kepada peserta program Nusantara Sehat.
2. Pada setiap rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional, IAKMI menjadi mitra Kementerian Kesehatan dalam proses seleksi dan penganugerahan Tenaga Kesehatan Masyarakat Teladan Tingkat Nasional.
3. Pembuatan Rekomendasi yang ditertibkan oleh Organisasi profesi IAKMI sebagai salah satu syarat mutlak untuk memperoleh rekomendasi izin ke Dinas Kesehatan, setelah rekomendasi izin terbit dari Dinas Kesehatan, maka selanjutnya baru dapat diproses Penerbitan SIK-AKM (Surat Izin Kerja Ahli Kesehatan Masyarakat) di PTSP-TK,” Ujar Margareta.

Ia juga mengatakan IAKMI di Kabupaten Landak baru terbentuk pertama kali pada tahun ini 2022.

“Agenda hari ini selain pelantikan pengurus, kita akan melaksanakan seminar tentang organisasi IAKMI dan peran IAKMI dalan program penurunan angka Stunting khususnya di Kabupaten Landak. Terimakasih untuk semua pihak yang ambil bagian sehingga kegiatan ini sukses terlaksana. Saya mengingatkan agar kita dapat bekerjasama agar organisasi profesi supaya berjalan dengan baik dan serius mengamalkan kerja-kerja nyata kita di Masyarakat Kabupaten Landak. Bekerja nyata di tempat masing-masing yang mana kita tahu, bahwa SKM di Kabupaten Landak bekerja di Dinkes Landak, RSUD, Puskesmas-puskesmas, DPRD Landak, Polres Landak, Kominfo, Dinsos, Inspektorat dan banyak lagi di instansi dan lembaga serta perusahaan swasta lainnya," imbuh Margareta.

MC / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini