|

Streaming Radio Suara Landak

Ketua DPRD Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kades Terpilih Dalam Pilkades Serentak 2022 Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2028

Ketua DPRD Hadiri Pelantikan & Pengambilan Sumpah/Janji Kades Terpilih Dalam Pilkades Serentak 2022

Ngabang (Suara Landak) - Ketua DPRD Landak Heri Saman, menghadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Terpilih Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022 di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Landak Masa Bakti 2022-2028 yang dilantik oleh Pj. Bupati Landak Samuel. Rabu, (19/10/2022).

Acara berlangsung di Halaman Kantor Bupati Landak. Turut hadir Pj. Bupati Kabupaten Landak Samuel, Forkopimda Kabupaten Landak, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Landak Cahyatanus, Ketua DAD Kabupaten Landak yang diwakili oleh Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Landak Margareta, Anggota DPRD Kabupaten Landak Junis, Asisten di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Landak, Staf Ahli Bupati, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak, Ketua Dhama Wanita Persatuan Kabupaten Landak, Camat Se-Kabupaten Landak, Para Kepala Bagian, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Landak Samuel, sampaikan bahwa dengan Pelantikan Kepala Desa serentak pada hari ini, Ia berharap kepada seluruh masyarakat desa yang hadir pada hari ini untuk mendukung dan berperan aktif, dalam seluruh program pemerintah desa sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku, menberikan sumbangan pikiran yang membangun serta berperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa dan pembangunan desa di segala bidang.

“Seorang Kepala Desa, harus mengedepankan azas-azas kepatutan, dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan, serta sudah tentu harus memperomani peraturan perundang-undangan yang berlaku,” Ujar Samuel.

Samuel berharap kepada Kepala Desa yang baru dilantik hari ini, diharapkan untuk memperhatikan hal sebagai berikut: Kepala Desa harus mampu mengelola dan memanfaatkan keuangan desa secara baik, termasuk tepat waktu, dalam menyampaikan laporan realisasi dan pertanggungjawaban keuangan, diserta dengan transparansi dalam pengelolaan keuangan desa tersebut.

“Hal ini, menjadi titik berat penekanan saya mengingat besarnya dana yang diberikan untuk desa. Oleh karenanya, Kepala Desa perlu meningkatkan kemampuan, ketapatan, ketelitiab, serta membutuhkan suatu pertimbangan melalui proses berpikir yang mendalam terhadap berbagai aspek sosial kemasyarakatan, dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa,” Imbuh Samuel.

Samuel menjelaskan dalam Tatanan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kepala Desa adalah seorang Pamong Desa, yang bertugas sebagai abdi masyarakat, dengan membimbing dan mengarahkan masyarakat desa, guna menciptakan suatu keteraturan dan keseimbangan dalam lingkup masyarakat desa, dan seorang kepala desa harus peka terhadap kondisi sosial masyarakat, serta dalam kondisi apapun harus mampu mengambil kebijakan, atau keputusan yang cepat dan tepat serta dengan arif dan bijaksana.

“Dengan kata lain, Kepala Desa harus mampu menetralisir keadaan, dengan harapan, komunikasi antara para pihak, dapat berjalan baik dan kepentingan umum tetap terpenuhi untuk itu, saya mintakan kepada Kepala Desa yang baru dilantik supaya mau dan segera meningkatkan kemampuan atau keahlian personal, disegala bidang secara cepat maupun berkala, serta berkelanjutan dan terus menerus,” Ujar Samuel.

Pj. Bupati Landak Samuel, berpesan kepada Kepala Desa yang baru dilantik, supaya bina hubungan yang dengan masyarakat, supaya bina hubungan yang baik dengan Badan Permusyawaratan Desa, dan supaya bina hubungan yang baik dengan Pemerintah Kecamatan, serta supaya membina hubungan yang baik dengan pemerintah di atasnya.

“Saya minta, supaya saudara Kepala Desa harus selalu lakukan koordinasi dan konsultasi dengan camat, dan dalam setiap kegiatan kemasyarakat ditingkat desa supaya selalu berkoordinasi dan libatkan camat. Selanjutnya, supaya lebih proaktif dalam berkoordinas dengan pemerintah di atasnya dengan cara koordinasi dan konsultasi terhadap berbagai hal, terlebih hal-hal yang menyangkut penyelenggaraan pemerintahan desa dan pengelolaan keuangan desa,” Pesan Samuel.

Pj. Bupati Landak Samuel, mengucapakan selamat kepada Kepala Desa yang baru dilantik. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa menyertai dan memberkati dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, selaku Kepala Desa.

MC / Dion RSL

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini