|

Streaming Radio Suara Landak

Kapolsek Ngabang Hadiri Peresmian Jalan Akses Objek Wisata Riam Angan dan Ritual Adat Notokng

Kapolsek Ngabang Hadiri Peresmian Jalan Akses Objek Wisata Riam Angan dan Ritual Adat

Ngabang (Suara Landak) - Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon menghadiri Peresmian jalan akses objek wisata "Riam Angan" dan ritual adat "Notokng" di Desa Angan Tembawang Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak, Kamis (23/06/2022).

Turut Hadir dalam acara tersebut adalah Kadispora Landak, Kadis Kumindag, Kasi Kesra Kecamatan Jelimpo, Ketua DAD Jelimpo, Danre Yon Armed 16 Ngabang, Pj. Kades Angan Tembawang, Timanggong Binua Rentawan Hulu, Pengurus DAD Kec. Jelimpo dan DAD Desa Angan Tembawang, Perangkat Desa, Para Ormas dan Komunitas Budaya serta warga masyarakat Desa Angan Tembawang sekitar 200 orang

Kadispora Kabupaten Landak Yosef, SE yang meresmikan jalan akses objek wisata "Riam Angan" dan ritual adat Notokng dalam Sambutannya mengatakan Wisata Riam Angan agar dikelola dengan baik sehingga nanti nya banyak wisatawan wisatawan yang datang.

Kadispora juga menyampaikan pelaksanaan adat berjalan dengan baik dan tetap dilestarikan untuk menjaga keamanan dan keselamatan diri serta lingkungan.

Dalam sambutannya, Ketua DAD Kecamatan Jelimpo Ungis S. Pdk sangat mendukung pelaksanaan ritual adat Notokng dan berharap kegiatan tetap dilestarikan serta diharapkan tidak ada penyimpangan dari kemurnian adat dayak yang semestinya

Menurut Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon, kegiatan semacam ini pantas dilestarikan apa pun bentuk nya, yang penting ada makna pelestarian adat istiadat.

"Adat istiadat ini wujud dari kebudayaan kita, dan ada usur-unsur positifnya. Diantaranya sistem religi (kepercayaan agama), sistem ilmu pengetahuan, sistem kemasyarakatan atau kekerabatan," ungkapnya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa selama ini selalu hadir setiap kegiatan ritual adat yang dilaksanakan warga. Oleh sebab itu kegiatan adat wajib dilestarikan, sepanjang tidak ada unsur negatifnya.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini