|

Streaming Radio Suara Landak

Kabupaten Landak Belum Ditemukan Penyakit Hepatitis Akut

Kabupaten Landak Belum Ditemukan Penyakit Hepatitis Akut

Ngabang (Suara Landak) - Kabupaten Landak hingga saat ini belum ditemukan penyakit Hepatitis Akut. Penyakit yang belum diketahui peyebabnya ini, harus diwaspadai oleh masyarakat di Kabupaten Landak. Terutama bagi balita dan anak-anak.

“Hinga saat ini daridata yang kami data dan sudah kami dapat dari Puskesmas atau Rumah Sakit. Untuk Kabupaten Landak penyakit Hepatitis Akut belum ada,” kata Plh. Kepala Seksi Penyakit Menular Dinas Kesehatan  Kabupaten Landak, Yudi Santoso, Jumat (27/05/2022).

Ia mengatakan, namun, baru-baru ini pihaknya mendapat laporan, dan baru kecurigaan, dan sudah dilakukan verifikasi dan penyakit tersebut masuk “Jondice Akut”, bukan penyakit Hepatitis Akut, yang kita khawatirkan masuk di Indonesia.  

Yudi kembali menegaskan, penderita penyakit Hepatitis Akut, biasanya paling banyak diderita anak-anak bayi, bahkan sampai ke balita minimal umur  16 tahun.

Yudi menghimbahu kepada masyarakat Kabupaten Landak untuk bisa menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Yaitu  menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan dengan sabun, pastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang, hindari kontak dengan orang lain, jaga kebersihan rumah dan lingkungan dan  membersihkan tempat-tempat makanan, serta  konsumsi makanan yang higenis.

“Kewaspadaan itu penting untuk kita bersama menjaga pola hidup sehat  agar tidak terkena sakit Hepatitis Akut,” harapnya.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini