-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

DAD Mempawah Hulu Gelar Sosialisasi Adat Balala'

DAD Mempawah Hulu Gelar Sosialisasi Adat Balala'

Mempawah Hulu (Suara Landak) - Dalam rangka untuk menyampaikan hasil keputusan Bahaupm pada 26 April 2022 lalu dalam serangkaian kegiatan Naik Dango beberapa waktu lalu, yang salah satunya untuk melaksanakan ritual adat Balala di tiga Kabupaten, yaitu Kabupaten Landak, Mempawah dan Kubu Raya DAD Mempawah Hulu laksanakan sosialisasi Adat Balala'.

Terkait dengan hal tersebut diatas Bertempat dikediaman Ketua DAD Kecamatan Mempawah Hulu dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Adat Balala' yang diselenggarakan oleh DAD Kecamatan Mempawah Hulu. Jumat 20/5/2022.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan keakraban tersebut dihadiri oleh Danramil Mempawah Hulu,
Camat  Mempawah Hulu , Babinkamtibmas Polsek Mempawah Hulu, Ketua DAD Kecamatan Mempawah Hulu beserta Timanggong sekecamatan Mempawah Hulu.

Dari Hasil kordinasi bahwa  adat Balala' tahun 2022 dilaksanakan tanggal 28 mei 2022, tutup sore tanggal 27 mei 2022 secara serentak di Kabupaten Landak dan adat Balala' sendiri akan rutin dilaksanakan tiap akhir bulan  mei tiap tahunnya pada minggu ke 4.

Dalam kegiatan balala sendiri ada beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi yaitu salah satunya Tidak boleh keluar rumah atau berkunjung ke tempat lain pada saat pelaksanaan Balala'  dan   bagi yang melangar akan di hukum adat.

Ketua DAD Kecamatan Mempawah Hulu Yulius Raoni menjelaskan masyarakat Dayak telah memiliki kearifan lokal untuk menghadapi wabah penyakit, yakni berupa ritual Balala’ atau yang disebut juga Bapantang. Dalam ritual ini, warga tidak keluar rumah dalam kurun waktu tertentu untuk mencegah penyebaran penyakit. Orang dan kendaraan dari luar wilayah itu juga tidak diperkenankan melintas.jelasnya

Ia pun menjelaskan kegiatan Balala ini merupakan Ritual adat Dayak sesudah masa panen, dan akan memulai kembali aktivitas bahuma atau berladang. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan situasi alam semesta, agar aktivitas pertanian mendapatkan hasil yang maksimal serta agar terhindar dari musibah dan wabah penyakit.terangnya

Kapolsek Mempawah Hulu IPDA. M Edi D saat dikonfirmasi mengatakan Pihaknya  mengharagai dan siap mendukung apa yang telah  menjadi keputusan bersama sehingga pelaksanaan kegiatan balala ini akan terlaksana dengan baik.

"Semoga pelaksanaannya nanti dapat berjalan dengan baik, kondusif dan saling toleransi, dan semua masyarakat  bisa patuh untuk mengikuti kegiatan ini, tetap menahan diri untuk tidak beraktivitas di luar rumah selama Balala berlangsung". Ujarnya.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini