|

Streaming Radio Suara Landak

Babinsa Koramil Sengah Temila Hadiri Pelantikan Dua Kadus Desa Pahauman

Babinsa Koramil Sengah Temila Menghadiri Pelantikan Dua Kadus Desa Pahauman

Sengah Temila (Suara Landak) - Salah satu penjabaran tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam Undang-undang TNI Nomor 34 Tahun 2004 point ke 9 dari 14 point yaitu membantu tugas pemerintah di daerah. Kemarin, Babinsa Koramil 1201-09/Sengah Temila Serma Damianus menghadiri Rapat Pelantikan Dua Kepala Dusun (Kadus) di Desa Pahauman binaannya bertempat di Aula Desa Pahauman, Jumat (08/04/2022).

Tugas Operasi Militer Selain Perang banyak berkaitan dengan pembinaan teritorial. Sebut saja dari point ke (8) memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta;
(9) membantu tugas pemerintahan di daerah; (10) membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang; (11) membantu mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan pemerintah asing yang sedang berada di Indonesia; (12) membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan; sampai point ke (13) membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue). Bisa dilihat diatas banyak bersinggungan dengan tugas-tugas Babinsa dalam membina desanya.

Di ruang kerjanya, Danramil Pelda Budiarto mengatakan, pendampingan pelantikan Kepala Dusun adalah bagian tugas membantu pemerintah di daerah dalam mengamankan jalannya roda pemerintahan setingkat desa. Babinsa bertanggung jawab penuh dalam membina dan memajukan desanya.

"Pembinaan perangkat desa beserta masyarakatnya merupakan bagian dari Kemanunggalan TNI dan Rakyat (KTR), agar mereka merasa dekat dengan Babinsanya hingga tercipta hubungan harmonis guna menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat di tingkat desa yang paling bawah," papar Pelda Budiarto.

"Rakyat harus kita rangkul, kita cintai sebagai bagian dari Tugas Pokok TNI AD dalam menjaga keutuhan dan kekuatan wilayah darat," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pahauman Diano mengatakan, pelantikan Kepala Dusun Bintang dan Kepala Dusun Ubah sudah disiapkan beberapa bulan sebelumnya, mulai dari Test Akademik, Kelayakan dan Wawancara yang digelar oleh Tim Pembinaan dan Pelayanan Desa Kecamatan Sengah Temila.

"Saya selaku Kepala Desa Pahauman melantik langsung para Kepala Dusun yang baru ini dengan hikmad dan lancar setelah melalui proses dan seleksi yang ketat. Semoga mereka dapat membantu Kepala Desa dalam menjalankan tugas-tugas pelayanan dan kemasyarakatan di Dusun dan menjadi panutan bagi masyarakatnya," harap Diano.

Tim Rilis

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini