|

Streaming Radio Suara Landak

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Satu Rumah di Darit Terbakar Saat Ditinggal Pergi

Warga memadati sekitar rumah yang terbakar di Darit.

Menyuke
(Suara Landak) - Anggota Piket Fungsi dan Anggota Sabhara Polsek Menyuke mendatangi tempat kejadian kebakaran pada hari Selasa (4/5/2021) sekitar pukul 17.00 Wib di rumah pasutri Supriyadi dan Heni Suharni di Jalan Madri Dusun Benteng Desa Darit Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak.

Bangunan rumah korban yang mengalami kebakaran memiliki 1 lantai ukuran 6 m x 8 m, bangunan semi permanen, dengan lantai papan,dinding semen dan atap seng dengan bentuk rumah panggung.

Kanit Reskrim Aipda Yessy Hananto    menjelaskan Adapun kronologis kejadian kebakaran terjadi pada  Selasa (4/5/2021) sekitar pukul 16.00 Wib. 

Dikatakannya, Heni suharni saat itu memasak nasi dengan menggunakan rice cooker, kemudian ditinggal pergi ke Dusun Betung bersama suaminya Supriyadi Pasen untuk memasang parabola. 

"Sedangkan posisi rice cooker masih dalam kondisi menyala dan rumah dalam keadaan kosong," jelasnya.

Aipda Yessy Hananto menuturkan berdasarkan keterangan saksi mata, Argi Yohendi Tio yang sedang memancing di Sungai Menyuke belakang rumah korban melihat api kemudian sekira pukul 17.00 WIB.

Saksi lainnya, Erma sedang memasak di dapur dan melihat api dari jendela rumah korban sudah membesar dan langsung teriak meminta tolong kepada warga sekitar.

"Kemudian datang saksi Heri susanto dan Argi Yuhendi Tio membantu memadamkan api yang sudah membesar di ruang tengah. Akan tetapi saksi tidak mampu memadamkannya dan meminta bantu warga sekitar untuk memadamkan api. Namun api tidak bisa dipadamkan dan tetap membesar dan menghanguskan rumah warga tersebut," kata Aipda Yessy Hananto.

Akibat dari kejadian kebakaran tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Sumber api diduga akibat korsleting listrik yang berasal dari ruangan tengah. "Barang barang milik korban tidak ada yang bisa di selamatkan pada saat kejadian kebakaran," tambah Aipda Yessy Hananto.

Akibat kebakaran, korban mengalami kerugian diperkirakan kurang Rp 150 juta. Api kemudian dapat dipadamkan pada pukul 18.30 WIB.

Di tempat terpisah, Kapolsek Menyuke Iptu Dahman menjelaskan personel Polsek Menyuke akan terus mengimbau warga agar selalu untuk mengantisipasi musibah kebakaran, baik kebakaran di rumah pemukiman penduduk, di hutan maupun lahan.

“Dengan kejadian ini kita berharap agar warga masyarakat di Kecamatan Menyuke khusus di Desa Darit lebih waspada dan hati-hati, agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," ungkap Kapolsek Menyuke.

Adapu tindakan yang dilakukan oleh personel Polsek Menyuke di antaranya adalah mendatangi tempat kejadian Kebakaran, mengamankan tempat kebakaran, mendata identitas korban, saksi-saksi dan kronologis kejadian kebakaran, melakukan olah tempat kejadian kebakaran, dokumentasi kegiatan, mengamakan barang bukti berupa potongan kayu yang terbakar, kepingan atap seng rumah dan tabung gas ukuran 3 kilo gram dan memasang police line. (Timotius/Fik)

Disiarkan : Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini