|
Streaming Radio Suara Landak

Pameran Boneka Dunia Digelar di Rusia

Pameran Seni Boneka Internasional ke-8 di Moskow, Rusia, 15 Desember 2017. (Yuri KADOBNOV / AFP) Museum Sejarah Ekologi di Volgodons, Rusia, kembali menggelar pameran boneka buatan tangan dari berbagai penjuru dunia.

Suara Landak
- Dilansir dari VOA, sebuah pameran boneka buatan tangan sedang berlangsung di Volgodonsk, Rusia. Boneka-boneka itu tidak hanya hasil karya dalam negeri namun juga berasal dari berbagai penjuru dunia, termasuk Amerika Serikat, Belanda, Swiss Estonia, dan Jepang. 

Digelar di Museum Sejarah Ekologi di Volgodonsk, pameran yang satu ini bukan sembarang pameran boneka. Ratusan karya yang dipajang merupakan pertunjukan seni yang membuat para pengunjung terkagum-kagum.

Boneka Mannon karya seniman Rusia, contohnya, terlihat sedang duduk berselonjor di sebuah kursi. Pose boneka berwujud perempuan seksi setengah telanjang itu terlihat provokatif.

Bagi ketua panitia penyelenggara pameran itu, Svetlana Pchelnikova, boneka Mannon sangat istimewa.

"Jika Anda bertanya kepada saya, mana boneka favorit saya di pameran ini, jawabnya adalah karya Natasha Pobedina, seorang seniman yang sangat berpengalaman dan laris dari Moskow. Saya mencintai semua boneka saat masih anak-anak, namun ketika saya melihat boneka Mannon, saya benar-benar jatuh cinta pada pandangan pertama. Boneka ini menarik. Ada sesuatu yang sulit diungkapkan. Dalam boneka ini saya melihat segalanya. Saya ingin seperti boneka ini," jelasnya.

Para kurator memamerkan boneka-boneka unik dari berbagai penjuru dunia, termasuk dari AS, Jerman, Swiss, Belanda, Jepang, Estonia, Belgia dan Russia.

Boneka-boneka itu dibuat dengan berbagai gaya dan teknik. Ada yang terbuat dari kain sederhana, ada juga yang terbuat dari tanah liat, kayu, porselen atau bahkan, bahan poliuretan moderen. Menurut panitia penyelenggara, masing-masing boneka itu memiliki kisah unik yang pantas didengar.

Boneka kosmonot dari Belgia, contohnya, adalah boneka tanah liat yang pernah dibawa Kosmonot Belgia Frank De Winne ke luar angkasa saat ia menghabiskan 186 hari di Stasiun Antariksa Internasional.

Olesya Doroanova, seorang pengunjung, mengatakan, "Di setiap boneka, Anda bisa merasakan seni dan karakter penciptanya. Setiap boneka sangat individual, dan memiliki kehidupan, hati, dan sejarahnya sendiri. Saya sendiri tersentuh oleh boneka mungil ini, yang pada kenyataannya pernah melakukan perjalanan ke antariksa."

Pameran boneka ini masih berlangsung dan belum diketahui kapan akan ditutup. Museum yang menyelenggarakannya adalah museum negara terbesar di bagian timur wilayah Rostov.

Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini