-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Google News Initiative Gandeng AMSI Gelar Pelatihan Penguatan Bisnis Media Digital

Pemateri Pelatihan

Jakarta
(Suara Landak) - The Google News Initiative (GNI) bersama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bekerja sama mengembangkan bisnis digital siber online skala kecil dan menengah. Kerja sama ini diwujudkan melalui program the Digital Growth Program (DGP). “Kerja sama ini untuk meningkatkan kapasitas media online dari aspek optimalisasi teknologi digital yang mendukung bisnis media digital,” kata Wenseslaus Manggut, Minggu (25/4/2021) di Jakarta. 

Secara khusus, Digital Growth Program membantu memecahkan masalah-masalah yang muncul ketika pemilik perusahaan media digital menjalankan bisnisnya. Bentuk kegiatan Digital Growth Program adalah 11 workshop  online berseri yang terdiri dari lima tema yaitu pengembangan Audience, Advertising, Product, Data dan Reader Revenue. Workshop digelar sejak awal April hingga awal Agustus 2021.

Kerja sama serupa juga dilakukan GNI di Korea Selatan dan Jepang. Workshop di tiga negara Asia Pasific ini berlangsung secara paralel dengan melibatkan narasumber dan moderator dari pelaku-pelaku media online yang kompeten dari negara masing-masing.

Pada pelatihan pertama dengan tema Audience telah berlangsung pada 1 April 2021 mengangkat topik “Understanding Your Audience #1”. Para peserta workshop pun mendapat pengetahuan tentang memahami konsumen berita, dan alat ukur yang relevan untuk membangun strategi pengembangan pembaca lebih luas dan loyal.

Tercatat 448 peserta dari Indonesia telah mendaftar untuk pelatihan ini. Dimoderatori oleh Adek Media Roza (Editor dan Researcher Katadata) dan pembicara tamu Suwarjono (Editor in Chief Suara.com), kegiatan pertama tersebut pun sukses dihadiri 148 peserta secara live, yang terdiri dari pelaku bisnis media dan stakeholder media online. Yudie Thirzano (Vice General Manager Tribunnews.com) telah mengisi workshop “Understanding Your Audience #2” yang berlangsung 15 April lalu. Sedangkan Iin Yumiyati (Editor in Chief News and Deputy Director Haibunda.com and Detik.com) akan mengisi “Understanding Your Audience #3” pada 29 April.  

Sejumlah pimpinan media seperti, Irfan Junaidi (Editor in Chief Republika.co.id), Wenseslaus Manggut (CCO Kapan Lagi Youniverse/KLY), dan Wahyu Dhyatmika (Editor in Chief Majalah Tempo) akan mengisi materi workshop sesi selanjutnya.

Selain workshop, Digital Growth Program juga akan melaksanakan kegiatan pendampingan khusus (mentoring) melibatkan trainer-trainer Google dalam Lab 1:1. Pendampingan intensif diberikan kepada 10 publisher terpilih dari Asia Pasific untuk pendalaman lima materi dan sekaligus praktik selama sekitar 15 minggu. Khusus peserta Indonesia, AMSI dan Google akan melakukan seleksi bersama. Sekitar 2-3 publisher lokal yang aktif mengikuti workshop akan mendapatkan kesempatan  untuk mengikuti  Labs 1:1.  [rls]


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini