|
Streaming Radio Suara Landak

Pemkab Landak Apresiasi Magang dan KKM IKIP PGRI Pontianak

Pertemuan yang dihadiri oleh mahasiswa magang dan KKM IKIP PGRI Pontianak.

Ngabang
(Suara Landak) - Pemerintah Kabupaten Landak mengapresiasi atas Program Magang 3 dan Kuliah Kerja Mahasiswa Tahun Akademik 2020/2021 Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak yang telah selesai dilaksanakan selama 3 bulan di wilayah Kabupaten Landak. Hal ini disampaikan Pemkab Landak mengingat selama pelaksanaan magang, beberapa diantara mahasiswa tersebut dianggap dapat menyikapi situasi dan kondisi di lokasi tempat mereka melaksanakan KKM.

Bupati Landak melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Ocin mengatakan selama 3 bulan praktek di lapangan tentunya mahasiswa memahami teori mengajar dan praktek mengajar meski dimasa pandemi COVID-19 yang mengharuskan mahasiswa untuk menguasai pembelajaran berbasis IT (Information Technology).

"Kondisi sekolah di Kabupaten Landak jauh dari sempurna terutama fasilitas mengajar yang kurang memadai, sehingga para calon guru yang masih berstatus mahasiswa ini dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran," ujar Ocin, Selasa (2/2/2021).

Kemudian pendidik diwajibkan menguasai IT guna terlaksananya praktek mengajar untuk siswa di sekolah.

"Apalagi saat kemarin mulai magang hingga kini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan para pendidik untuk wajib menguasai IT guna terlaksananya praktek mengajar untuk siswa di sekolah," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakannya tantangan yang akan dihadapi bagi seorang guru kini semakin banyak sehingga mewajibkan para pendidik mampu menyikapi dan menemukan solusinya.

"Selama 3 bulan praktek lapangan atau magang pasti mahasiswa sudah memiliki sedikit banyak pengalaman yang berkaitan dengan sekolah, guru dan siswa. Namun demikian kami berharap kepada para mahasiswa untuk tetap memiliki semangat dalam hal ini. Kami juga atas nama Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan terima kasih atas sumbangsihnya dan mengapresiasi atas kinerjanya selama melaksanakan magang di Kabupaten Landak," jelasnya.

Sementara itu Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam mengatakan pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Landak yang telah menjalin kerjasama dengan IKIP PGRI Pontianak dalam program magang dan KKM tahun akademi 2020/2021.

"Terima kasih kepada Pemkab Landak atas terjalinnya kerjasama ini dan kami berharap hal ini terus berlanjut supaya anak-anak kita dapat mempraktekkan mengajar mereka bagi siswa di sekolah," ungkapnya.

Rustam berharap kepada mahasiswa untuk mampu berpikir kritis dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing, serta berpesan kepada mahasiswa untuk terus membangun mindset mereka.

"Dari pengalaman yang telah dimiliki selama dilapangan, kami sangat berharap kepada mahasiswa dapat memiliki pemikiran yang kritis dalam mengembangkan potensi dan mampu membangun mindset masing-masing yang nantinya pasti bermanfaat bagi diri dan sekitarnya," kata Rustam. (MC/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini