|
Streaming Radio Suara Landak

Ilmuwan Yunani Temukan Fosil Pohon Berusia 20 Juta Tahun

Sebuah fosil pohon terlihat di sebuah taman nasional di Pulau Lesbos, Yunani, 21 Januari 2021. (Foto: Reuters/Elias Marcou)

Suara Landak
- Dilansir dari VOA, ilmuwan Yunani di pulau vulkanik, Lesbos, mengatakan mereka telah menemukan pohon fosil langka dengan cabang dan akarnya masih utuh setelah 20 juta tahun.

Pohon itu, sebagaimana dilaporkan Reuters, Rabu (27/1/2021), ditemukan saat perbaikan jalan di dekat hutan kuno yang membatu jutaan tahun yang lalu.

Profesor Nikos Zouros dari Museum Sejarah Alam Hutan yang Membatu Lesbos mengatakan ini adalah pertama kalinya sebuah pohon ditemukan dalam kondisi bagus, lengkap dengan cabang dan akarnya sejak penggalian dimulai pada 1995.

“Ini adalah penemuan yang unik,” katanya. “(Pohon ini) diawetkan dalam kondisi sangat baik dan dari mempelajari fosil kayu kami akan dapat mengidentifikasi jenis tanaman asalnya."

Hutan Lesbos yang membatu adalah sebuah situs seluas 15 ribu hektar yang dilindungi UNESCO. Hutan tersebut adalah hasil dari letusan gunung berapi 20 juta tahun lalu yang membekap ekosistem hutan subtropis pulau itu dalam lahar.

Pohon yang ditemukan itu memiliki panjang sekitar 19 meter, diawetkan oleh lapisan tebal abu vulkanik setelah tumbang. Sejumlah besar daun pohon buah ditemukan di tempat yang sama. 


Sumber : VOA

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini