|

Rakor PKH Tahun 2020, Bupati Landak Harap Bersinergi dengan Program Penanggulangan Kemiskinan

Suasana Rakor Pelaksanaan PKH.

Ngabang
(Suara Landak) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Landak menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020 di Aula Bappeda Kabupaten Landak, Jum'at (18/12/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Landak yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Vinsensius didampingi Kepala Bappeda Kabupaten Landak dan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Landak, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak, Asisten Sekda serta beberapa Camat dan Pendamping PKH.

Saat membuka rapat tersebut, Sekretaris Daerah Vinsensius berharap bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai salah satu program penanggulangan kemiskinan ini berasal dan dibiayai oleh pemerintah pusat, sehingga dapat bersinergi dengan berbagai kegiatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

"Seperti diketahui bahwa PKH ini merupakan program yang dibiayai langsung oleh pemerintah pusat, kita di Kabupaten Landak juga memiliki kegiatan serupa yakni bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan. Dengan demikian, kita berharap kedua program ini mampu bersinergi dalam mewujudkan tujuan yang sama. Namun untuk mewujudkannya ini maka diperlukan koordinasi lintas sektoral antar stakeholder terkait," terang Vinsensius membacakan pidato Bupati Landak.

Dirinya juga menambahkan dampak dari upaya kegiatan ini memberikan hasil yakni penurunan persentase angka kemiskinan dalam dua tahun terakhir yakni tahun 2018 dan 2019.

"Berdasarkan rilis terbaru yang dikeluarkan oleh BPS pada tahun 2020 disebutkan bahwa Kabupaten Landak mengalami tren penurunan penduduk miskin yang sebelumnya pada tahun 2018 sebesar 43.730 jiwa (11,77%) berkurang sebanyak 570 jiwa sehingga ditahun 2019 tersisa 43.160 jiwa (11,47%)," tuturnya.

Lebih lanjut Vinsensius juga berpesan kepada seluruh tim koordinasi PKH yang terdiri dari berbagai organisasi lintas sektoral untuk selalu mengkoordinasikan, memantau serta memperbaharui data guna mendapatkan data yang akurat.

"Saya juga meminta kepada tim koordinasi PKH untuk selalu mengkoordinasikan kegiatan ini, memperbaharui data penerima, memantau dan mengevaluasi proses penyaluran serta mendorong OPD teknis dalam mengalokasikan dana sharing bagi kelancaran pelaksanaan kegiatan PKH," ungkapnya.

Vinsensius juga meminta kepada pendamping PKH untuk mengarahkan para penerima program supaya mampu memanfaatkan bantuan dengan baik dan benar.

"Untuk Tim Pendamping kami minta untuk mampu menjelaskan kepada warga yang menerima program supaya memanfaatkan bantuan ini bermanfaat bagi keluarganya. Arahkan mereka supaya dana yang diterima tersebut dimanfaatkan supaya terwujudnya kemandirian ekonomi," pintanya. (MC/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini