|

Streaming Radio Suara Landak

Bahas RAPBD, Heri Saman : Semoga Tahun 2021 Pendapatan Makin Meningkat

Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Landak gelar rapat gabungan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Landak.

Ngabang
(Suara Landak) - Badan Anggaran (BANGGAR) DPRD Landak gelar rapat gabungan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Landak terkait pembahasan tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2021.

Kegiatan tersebut berlangsung pada Kamis (19/11/2020) dqn Jumat (20/11/2020) di Ruang Rapat Utama, dipimpin langsung oleh Ketua Banggar DPRD Landak Heri Saman didampingi oleh Wakil Ketua Banggar,  Anggota Banggar DPRD dan dihadiri langsung Ketua TAPD Landak Vinsensius beserta stafnya.

Dalam penyampaiannya Ketua Banggar DPRD Landak Heri Saman memaparkan, hari ini memasuki hari ke-2 pembahasan rapat gabungan Banggar DPRD dengan TAPD, kemarin baru pada pembahasan dari struktur APBD yaitu Pendapatan yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"PAD kemarin sudah ditetapkan bersama dengan eksekutif yang semula dalam rancangan RAPBD 2021, itu telah diusulkan oleh eksekutif sebesar 85 miliyar lebih. Kita bersepakat bahwa PAD ini supaya trennya positif meningkat walaupun ditengah pandemi covid-19 ini," ujar Heri Saman.

Kemudian ia juga memaparkan sudah disepakati bahwa PAD kita untuk anggaran RAPBD tahun 2021 ini sebesar 94 miliyar yang mengalami kenaikan cukup signifikan dalam hal ini dari usulan hingga menjadi kesepakatan.

"Dana perimbangan ini sesuai dengan yang disampaikan dana pendapatan transfer yaitu, dana yang berasal dari pemerintah pusat sudah disepakati sebesar 1 triliun, 107 miliyar, terdiri dari transfer pemerintah pusat dan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Jumlah semua pendapatan ini menjadi 1 triliun, 260 miliyar lebih dan lanjut pembahasan belanja operasi dan baru masuk nomenklatur yaitu belanja pegawai karena pembahasan menggunakan sistem informasi pembangunan daerah (SIPD), dan sudah disepakati belanja pegawai yaitu sebesar 418 miliyar rupiah, untuk yang lainnya akan dibahas kembali," sambungnya.

Sementara itu Ketua TAPD Kabupaten Landak Vinsensius mengatakan rapat kali ini yaitu antara TAPD Eksekutif dan Legislatif yang berlangsung selama 2 hari ini terdapat beberapa fase yang telah dibahas terkait 2 komponen yaitu pendapatan dan belanja.

"Untuk kemarin sudah sepakat komponen pendapatan. Hari ini membahas komponen belanja dan ada beberapa item salah satunya belanja pegawai, gaji, tunjangan dan lain sebagainya," ungkap Vinsensius.

Ia juga menegaskan terkait belanja pegawai ini karena ada aturan-aturan baru yang harus dipenuhi seperti tunjangan kinerja. Untuk upaya pendapatan ditahun 2021 itu 94 miliyar. (MC DPRD Landak/Fik)


Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini