|

Bupati Landak Ingatkan Masyarakat Terus Perangi Corona

Bupati Landak, Karolin Margret Natasa.
Ngabang (Suara Landak) - Bupati Landak Karolin Margret Natasa mengatakan pihaknya akan meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi penyebaran kasus virus Corona (COVID-19) di Kabupaten Landak terkait terjadinya perubahan pada peta penyebaran yang semula hijau menjadi orange.

"Terkait perubahan peta penyebaran COVID-19 di Kabupaten Landak yang semula hijau menjadi orange, saya pikir itu situasi yang dinamis, karena peta itu akan selalu berubah seiring dengan adanya temuan kasus dari masyarakat yang mengikuti tes swab. Bagi saya yang penting seluruh pihak tetap waspada dan jangan kasi kendor untuk penanganannya dan itu yang kita lakukan," kata Karolin di Ngabang, Kamis (20/8/2020).

Karolin menjelaskan sampai saat ini Pemkab Landak masih terus berjuang untuk menjaga masyarakat agar tidak terpapar COVID-19. Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat Landak untuk bisa ikut menjaga diri masing-masing dengan menerapkan protokol kesehatan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

"Ini terus kita sampaikan dalam setiap kunjungan kerja saya setiap desa, pokoknya kita tidak boleh lengah dan harus selalu waspada dengan cara sederhana yakni keluar rumah selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan, dan jangan melakukan kegiatan keramaian," ujarnya.

Namun dalam beberapa kunjungan ke desa, dirinya melihat masih banyak anak-anak tidak menggunakan masker. Untuk itu, dirinya mengimbau kepada setiap orang tua agar mengingatkan anak-anak selalu pakai masker jika beraktivitas diluar.

"Penggunaan masker untuk keselamatan kita semua, karena corona ini masih ada, dan masih menjadi ancaman untuk dunia dan Indonesia. Untuk itu, Saya mengajak para orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya selalu menggunakan masker dan mengikuti protokol kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjut Karolin menyampaikan jika masyarakat telah disiplin dalam menjaga dan mengamalkan protokoler kesehatan baru akan dibuka sekolah di daerah yang dipimpinnya tersebut. Dalam upaya pencegahan COVID-19 di Landak, pihaknya telah melakukanan penanganan dini terhadap warganya jika ada terindikasi atau terpapar virus COVID-19 dengan menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Landak.

"RSUD Landak sudah siap melakukan penanganan, kami sudah mempersiapkan ruang isolasi, kemudian menyiapkan alat pelindung diri untuk tenaga kesehatan yang akan berkontak langsung dengan pasien terduga virus COVID-19, serta fasilitas pendukung COVID-19," jelas Karolin.

Selain itu, Pemkab Landak juga telah menyampaikan sudah mengimbau seluruh puskesmas untuk mengikuti prosedur  yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dalam melakukan deteksi dini dan penanganan jika ada pasien terindikasi atau terkena COVID-19. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini