-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Bupati Landak Bagikan Alsintan dan Bibit Padi di Sebangki

Bupati Landak menyerahkan alsintan kepada petani.

Sebangki (Suara Landak) – Bupati Landak, Karolin Margret Natasa membagikan bibit benih padi dan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani di Kecamatan Sebangki, Kamis (30/07/2020).

Bersama Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Cornelis serta didampingi Anggota Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Landak Fraksi PDI Perjuangan Angeline Fremalco, Anggota DPRD Kabupaten Landak Dapil Sengah Temila-Sebangki-Mandor Fraksi PDI Perjuangan Margaretha, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kabupaten Landak Sahbirin, Kabid Sarana dan Prasarana DPPKP Kabupaten Landak Hiasintus Gunung Agung, Camat Sebangki, Kades Kumpang Tengah, Kades Agak dan Kades Sebangki yang bertempat pada masing-masing Kantor Desa.

Bupati Landak memberikan 20,625 ton benih padi yang terdiri dari Desa Kumpang Tengah 5,625 ton, Desa Agak 11,250 ton dan Desa Sebangki 3,750 ton serta 7 power thresher dan 1 corn sheller.

Dalam sambutannya Bupati Landak menyampaikan bahwa bantuan tersebut merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Landak dengan Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Pertanian melalui bantuan dari Anggota DPR RI Dapil Kalbar 1 Cornelis yang sudah berjuang menyampaikan aspirasi masyarakat.

“Saya berusaha membantu masyarakat untuk dapat melakukan penanaman padi dengan memberikan bantuan benih padi dan alsintan ini. Untuk benih padi ini merupakan perjuangan dari Bapak Cornelis selaku Anggota DPR RI yang sudah menyampaikan aspirasi kepadanya sehingga kita mendapatkan kurang lebih 800 ton benih padi. Untuk alsintan ini merupakan komitmen saya sebagai Bupati untuk memberikan alsintan kepada para petani agar menjadi petani yang modern serta mengingat masyarakat Kabupaten Landak sebagian besar berprofesi sebagai petani,” ucap Bupati Landak.

Karolin meminta para petani yang mendapatkan bantuan tersebut untuk dapat memanfaatkan bantuan benih padi ini sebagai modal awal dalam memulai pertanian padi. Sedangkan untuk alsintan, agar warga dapat merawat dan menjaga bantuan yang diberikan.

“Bantuan benih padi ini diberikan kepada Kelompok Tani, sehingga saya meminta benih ini dapat dibagi rata dan adil kepada para petani serta benih ini juga bisa dijadikan modal untuk bibit benih padi berikutnya. Untuk alsintan ini mohon dirawat dan dijaga agar tidak cepat rusak dan gunakan alsintan ini secara bergantian,” tukas Karolin.

Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Barat 1 Fraksi PDI Perjuangan, Cornelis meyampaikan bahwa bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat agar dapat menjaga ketahanan pangan di Indonesia.

“Saya berjuang menyampaikan aspirasi bapak dan ibu petani ke pemerintah, sehingga bantuan benih padi dapat kita rasakan dengan tujuan agar kita dapat menjaga ketahan pangan di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Landak sehingga kita memiliki stok pangan. Apalagi saat ini Kita sedang mengalami wabah pandemi COVID-19 yang tidak tahu kapan berakhirnya, untuk itulah kita diminta pemerintah agar menjaga Ketahanan Pangan Indonesia,” tuturnya. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini