|

Lindungi Diri dari Virus Corona, Lebih Baik Pakai Face Shield atau Masker?

Perawat memakaikan pelindung muka atau face shield untuk bayi di RS Ibu dan Anak Asih, Jakarta, Jumat (17/4). [ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari]

Jakarta (Suara Landak) - Face shield atau pelindung wajah salah satu alat yang dibutuhkan petugas medis, selain masker dan baju APD. Saat ini beberapa orang juga menyediakan face shield untuk melindungi dirinya sendiri.

Karena sifat virus corona Covid-19 yang mudah menular melalui tetesan cairan pernapasan tubuh, terutama ketika seseorang bersin atau batuk. Sehingga petugas medis perlu menggunakan pelindung wajah selama bertugas.

Sebagian besar ahli dilansir olehfastcompany.com, pun menyarankan masyarakat umum juga menggunakan pelindung wajah demi menghindari penularan virus corona Covid-19.

Seorang desainer asal Jepang, Tokujin Yoshioka juga telah membuat alat pelindung wajah di tengah pandemi virus corona Covid-19. Yoshioka membuat pelindung wajah ini menggunakan bahan PVC yang keras dan bening.

Tujuannya, pelindung wajah ini bisa melindungi mata, hidung dan mulut yang menjadi titik utama penularan virus corona Covid-19.

Sebelumnya, banyak ahli telah menyarankan masyarakat umum menggunakan masker. Tetapi sekarang, ahli epidemiologi rumah sakit di Lowa menunjukkan bahwa pelindung wajah adalah soluasi yang lebih baik darripada masker.

Penggunaan face shield bisa memberikan pelindungan tambahan bagi semua orang ketika berada di luar rumah demi terhindar dari virus corona Covid-19.

Selain melindungi titik utama penularan virus corona Covid-19, face shield juga mencegah seseorang agar tidak menyentuh area wajahnya yang bisa berisiko menularkan virus dari permukaan tangan.

"Yang paling penting, pelindung wajah bisa tahan lama dan bisa dibersihkan setelah digunakan. Sehingga pelindung wajah ini bisa digunakan berulang kali dan lebih nyaman dipakai," kata Dr Michael Edmond dan Dr Daniel Diekema, spesialis penyakit menular di Lowa City.

Adapun tiga langkah membuat face shield atau pelindung wajah seperti yang dilansir oleh Times of India.

1. Potong bahan face shield sesuai ukuran dan besarnya kepala orang umumnya.

2. Pakai pisau dan pensil untuk membuat dua lubang di bagian atas topeng atau pelindung wajah.

3. Pastikan lebar dan lubang pelindung wajah itu tepat di kedua pelipis.

4. Dengan begitu, face shield sudah siap untuk digunakan melindungi diri dari virus corona Covid-19.

Sumber (Suara.com)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini