|

Karolin Cek Kesiapan Pelayanan Puskesmas Menghadapi COVID-19

Bupati Landak, Karolin Margret Natas

Ngabang (Suara Landak) - Demi memastikan kesiapan Puskesmas dalam menghadapi wabah Corona Virus Disease (COVID-19), Bupati Landak secara langsung mengecek seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Landak demi memastikan kesiapan dalam menghadapi bencana kemanusiaan ini.

Pengecekan ini dilakukan Bupati Landak melalui Video Conference dengan semua Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Landak, Kamis (9/4/2020).

Dalam kesempatan ini Bupati Landak Karolin Margret Natasa ingin menerima laporan secara langsung apa saja kesiapan yang dilakukan maupun hambatan yang dihadapi seluruh Puskesmas dalam menangani wabah COVID-19.

“Saya hanya ingin mengecek bagaimana kesiapan kita di Puskesmas berkaitan dengan menghadapi situasi kita sekarang ini, apa saja yang menjadi masalah kita di Puskesmas,” ucap Karolin.

Bupati Landak juga mengimbau agar seluruh Puskesmas tetap melakukan pelayanan rutin untuk masyarakat, walaupun ada jam operasional lain khusus dijadwalkan menjaga posko penanganan COVID-19.

“Imunisasi boleh saja tetap jalan, mohon diperhatikan semua protokol kesehatannya. Memang kita tidak mungkin tidak melaksanakan imunisasi karena nanti hilang Corona datang yang lain. Jadi tolong dikoordinasikan dengan baik, berkaitan dengan jam operasional yang lebih baik jam UGD tetap buka,” imbau Bupati Landak.

Lebih lanjut Karolin mengungkapkan pihaknya akan menambah biaya operasional disetiap Puskesmas agar pelayanan di Puskesmas dapat maksimal disaat situasi saat ini.

“Kami juga bermaksud untuk menambah biaya operasional di Puskesmas, sudah diinput semua. Mudah-mudahan bisa diproses dalam minggu ini,” pungkas Karolin.

Dirinya meminta semua Kepala Puskesmas dapat memaksimalkan penggunaan anggaran yang diberikan dengan mengutamakan hal prioritas saat ini, karena selain bersumber dari anggaran daerah, Puskesmas juga diberikan biaya operasional yang bersumber dari pemerintah pusat.

“Selain ada anggaran yang disiapkan dari pemerintah daerah, kami juga berharap bapak dan ibu memaksimalkan bantuan operasional dari pusat agar prioritasnya dirubah dan disesuaikan dengan kondisi saat ini dimana kita sedang berhadapan dengan pandemi COVID-19,” terang Karolin. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini